PERANCANGAN DATA WAREHOUSE UNTUK MENGETAHUI INFORMASI PENJUALAN PADA PT INDOFOOD EXPORT

Alfadli Maulana Siddik, Wafi Fahruzzaman, Rifqi Akmal Fauzi, Wafa Tsabita, Afrida Helen

Abstract


Indofood merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia yang memiliki bisnis yang luas dan kompleks. Data warehouse merupakan sebuah sistem yang dirancang khusus untuk mengelola, menganalisis, data bisnis dari berbagai sumber yang berbeda. Penelitian ini membahas perancangan data warehouse untuk membantu Indofood menganalisis penjualannya. Data warehouse ini dirancang dengan menggunakan Kimball Nine Step Methodology. Tahapan yang dilakukan meliputi: menentukan proses bisnis, menentukan granularity, identifikasi dan penyesuaian dimensi, menentukan fakta, menyimpan hasil perhitungan sementara pada tabel fakta, melengkapi tabel-tabel dimensi, menentukan durasi database, menelusuri dimensi yang termasuk slowly changing dimension, menentukan prioritas query dan bentuknya. Hasil penelitian ini berupa rancangan skema data warehouse untuk Indofood dan analisis dari beberapa query yang kami buat. Skema data warehouse yang dihasilkan berbentuk star schema, terdiri dari 1 tabel fakta : Sales_fact. Fakta ini akan yang dilengkapi dengan 5 tabel dimensi yaitu Customer_Dim, Time_Dim, Product_Dim, Employee_Dim, Region_Dim. Analisis penjualan, dibuat 8 query OLAP menggunakan operasi slicing, dicing, roll up, drill down, pivoting, ranking, filtering, dan exporting.


Full Text:

(PDF 44-52)


DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v9i2.7767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.