Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau dari Dominasi Otak
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ariestyan, Y., Sunardi, Kurniati, D. (2016). Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kadikma. 7(1), 94-104.
Hadimu, H. B., Laurens, T., & Moma, L. (2020). Analitik Peserta Didik SMP Dalam Menyelesaikan Soal Model Programme For International Student Assessment (PISA). 2, 46–59. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA)
Istiyani, Hidayatulloh. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung, 2579-9444.
Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning Pembelajaran berbasis Kemampuan Otak. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kadir, A. (2010). Misteri Otak Kiri Manusia. Jogjakarta: DIVA Press.
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan High Order Thinking Skills (Hots). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
King, FJ., Goodson, L., Rohani, F. (1993). Higher Order Thinking Skills. A publication of the Education Services Program, now known as the Center for advancement of Learning and Assesment. 1-176.
Prasetya, V, Y, D. (2015). Dominasi Otak Kanan Dan Otak Kiri Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Buana Matematika. 5(1), 47–50.
Ramadhani, N, F., Aini, I, N. Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar. Prosiding Seminar nasional matematika dan pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. 754-761.
Shichida, M. (2013). Misteri Otak Kanan. Jakarta: PT Garamedia
Sukmaangara, B., Arhasy, E. A. R., Madawistama., S, T. (2020). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan masalah matematis ditinjau dari dominasi otak seimbang siswa. Jurnal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME). 2(2), 119-131.
Sukmaangara, B., Prabawati, M, N. (2019). Analisis struktur berpikir peserta didik dalam menyelesaikan masalah tes kemampuan berpikir kritis matematik berdasarkan dominasi otak. 3, 89–95. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.
Supriyaningsih, N., Kriswandani, Prihatnani, E. (2018). Profil kemampuan berpikir reflektif siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika Pisa Pada Konten Quantity. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Surbeck, E., Han, E. P., Moyer, J. E. (1993). Assesing Reflective Responses in journals. http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_19913_surbeck
Zahuroh, N, Z. Khotimah, R, P. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Bidang Ditinjau Dominasi Otak Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.10(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 Jurnal Kongruen
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: kongruen@unsil.ac.id
e-ISSN: 2830-3830
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .
StatCounter:
Detail