Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal AKM ditinjau dari Keyakinan Matematis Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afrilina, A. R., Haryono, Y., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(1), 15–28. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Amalia, N., Rahayu, W., & Hidajat, F. A. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Materi Peluang. J-PiMat, 6(1), 1171–1182.
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.
Annizar, A. M., Maulyda, M. A., & Khairunnisa, G. F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688
Azid, A., Zamnah, L. N., & Solihah, S. (2023). Mengapa Literasi Matematis Penting dan Diperhatikan?Prosiding Galuh Mathematics National Conference, 3(1), 7–10.
Aziz, A., Hartoyo, A., & Ijuddin, R. (2021). Hubungan antara Keyakinan Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS Darul Ulum. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(10), 1–9. https://doi.org/10.26148/jppk.v10i10.50174
Farokhah, L. (2020). Geometri dan Pengukuran. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Fatimah, S., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2020). Analisis Keyakinan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Khatulistiwa, 9(10), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v9i10.43131
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 7, 222–237.
Hairunnisa, F., & Izzati, N. (2022). Pengembangan Soal Model AKM Pada Konten Geometri Volume Bangun Ruang Sisi Datar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(3), 167–174.
Jannah, E. U., Fathani, A. H., & Fuady, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Mememecahkan Masalah Matematis ditinjau dari Mathematical Belief. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 09(2), 101–120. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.9059
Kusnadi, D., & Nanna, A. W. I. (2020). Penerapan Teori Van Hiele sebagai Dasar Pengenalan Geometri di Sekolah Dasar. Matematics Paedagogic, V(1), 17–26. https://doi.org/10.36294/jmp.vxix.xxx
Marleny, A. S., Zulkardy, M., & Putri, R. I. I. (2024). Pengembangan Soal AKM TIPE PISA pada Konteks Melemang Muara Enim Berbasis PMRI dan PJBL. Mathema Journal, 6(1), 272–287.
Muzaki, A., & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Deepublish.
OECD. (2022). PISA 2022 MATHEMATICS FRAMEWORK ( DRAFT ). November 2018. https://pisa2022-maths.oecd.org/ca/index.html
Sa’id, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Imiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047
Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 153–162.https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1387
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin (ed.); 1st ed.). Ponorogo: CV Nata Karya.
Soesanto, R. H., Rahayu, W., & Kartono. (2020). Keyakinan Matematis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Matematika [Mathematical Beliefs and The Self-Regulated Learning of Students in A Mathematics Education Study Program]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 31–44. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2637
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Penerbit ALFABETA.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA.
Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal AKM ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714–2724. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 Jurnal Kongruen
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2830-3830
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .
StatCounter:
Detail