PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PENYELENGGARAAN SISTEM PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN SARIPIN

Tia Ipanka, Yuda Nugraha, Wulan Nur Siam Murti

Abstract


Pendidikan inklusi merupakan sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik tanpa memandang kondisi peserta didik baik itu anak dengan berkebutuhan khusus, kelainan, maupun anak dengan bakat istimewa demi menghindari diskriminasi dan mendapatkan kesetaraan hak pendidikan. Adanya peraturan mengenai penerapan sistem pendidikan inklusi di sekolah reguler menimbulkan banyak persepsi, ditambah dengan kurangnya penelitian tentang persepsi guru terhadap penyelenggaraan sistem pendidikan inklusi di sekolah dasar kota Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru sekolah dasar terhadap  penyelenggaraan sistem pendidikan inklusi di salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Tasikmalaya yaitu SDN Saripin. Aspek persepsi yang dijelaskan mencakup pemahaman guru mengenai sistem pendidikan inklusi, kesiapan, serta tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan sistem pendidikan inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, instrumen yang digunakan oleh penulis yaitu metode survey dengan mengisi kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pendidikan inklusi bervariasi, dengan beberapa guru merasa siap dan mendukung, sementara yang lain menghadapi tantangan dalam implementasinya. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan dan dukungan yang lebih intensif bagi guru dalam menjalankan pendidikan inklusi secara efektif.


References


Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530

Fajrillah et al. (2018). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Pidie Jaya. Jurnal Geuthéë: Penelitian Multidisiplin. 01(01). 13-20.

Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2022). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37833

Indriawati, P. (2013). Implementasi Kebijakan Tugas Guru Pembimbing Khusus pada Pendidikan Inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo Batu. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1, 49–55.

Marisana, D., & Herawati, N. I. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5072–5087.

Mellinia, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Inklusi: Menghadapi Tantangan dan Menjawabnya Tria Mellinia Satya Pratiwi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Academia.Edu.

Mngo, Z. Y., & Mngo, A. Y. (2018). Teachers’ perceptions of inclusion in a pilot inclusive education program: Implications for instructional leadership. Education Research International, 2018.

Nilawati, S.Pt., MP., & Ir. Nelzi Fati, MP. Metodologi Penlitian. (2023). Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Nurjanah. (2013). Sekolah Inklusi sebagai Perwujudan Pendidikan tanpa Diskriminasi (Studi Kasus Pelaksanaan Sistem Pendidikan Inklusi di Smk Negeri 9 Surakarta). Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, 3(1), 1–9.

Pratiwi, S. H. (2024). PERSEPSI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH ELSE ( Elementary School Education. 8(1), 165–176.

Sarwono, S. W. (2003). Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sembung, M. P., Joufree Rotty, V. N., & Lumapow, H. R. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 613–621. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif ,kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarnoto Nissa. (2016). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD. Humanitas, 13(1), 50–61.

Tryas W.N. (2019). 176-1-501-4-10-20191126. Journal of Education on Social Science , 3 no 2(2550–0147), 201–212.

Wahyuno, E., Ruminiati, & Sutrisno. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Inklusif Tingkat Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 23(1), 77–84. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/viewFile/6768/2954

Yuliastut, P. R. (2019). Kompetensi Guru dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pendidikan Inklusif di Sekolah Inklusi Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” September, 358–367.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i1.13589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019