PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA JEOPARDY GAME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran EKonomi Materi Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal Kelas XI SMAN 1 Jatiwaras)

Sri Asriawati, Edi Fitriana Afriza, Yoni Hermawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya nilai kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMAN 1 Jatiwaras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media jeopardy game dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal kelas XI SMAN 1 Jatiwaras. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen yang menggunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen tes kemampuan kognitif berupa soal Pilihan Ganda. Populasinya adalah kelas XI SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2024/2025 yang mengambil mata pelajaran ekonomi dengan total 6 kelas yang berjumlah 203 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 68 siswa yaitu kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen dan XI-6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media jeopardy game dengan nilai signifikansi 0,001 yang berarti hipotesis diterima. Namun, kemampuan kognitif kelas eksperimen belum mampu menandingi kelas kontrol dengan nilai kemampuan kognitif tertinggi mata pelajaran ekonomi. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media jeopardy game dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Kata Kunci: Discovery Learning, Jeopardy Game, Kemampuan Kognitif Siswa


Full Text:

PDF

References


Alam, N. S., Taiyeb, A. M., & Sumarni. (2023). Implementasi Games Wordwall (Wordsearch) dalam Tahapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Soppeng. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 330–335.

Asbar, A. M. (2022). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah (1st ed.). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Asmedy. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Soal Terbuka dengan Model Pembelajaran Konvensional. Ainara Journal, 2(2), 79–88. Retrieved from http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj

Djamarah, S. B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Efendi, F. N., Warsono, & Cahyadin, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas XII. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 75–82. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10175

Maryam, S., Damri, Sunaengsih, C., & Sujana, A. (2024). Penggunaan Wordwall Berbantuan Game Based Learning terhadap Kemampuan Kognitif Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(4), 2859–2867. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6948

Meliani, K., Ardiawan, I. K. N., & Kurniawati, N. N. (2023). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 3(2), 276–284.

Nuraini, Ibrahim, M. M., & Jamilah. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Jeopardy Game terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1085–1097. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.4959

Rahayu, D., Muttaqien, M., & Solikha, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL EDUKASI, 1(2), 234–246.

Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri’, 27(1), 1–13.

Simbolon, A., Simanjuntak, N., Pardede, R. A., Gultom, S., Tarigan, N. W. P., & Simbolon, R. (2022). The Effect Of Jeopardy Game On Students’ Reading Comprehension. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 472–476.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (1st ed.). Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i2.14619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019