PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN IKLIM KELAS DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI

Najma Fauzia Bela, Ai Nur Solihat, Gugum Gumilar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI SMAN 1 Singaparna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi dan iklim kelas terhadap hasil belajar siswa. Pemanfaatan teknologi dalam konteks ini merujuk pada penggunaan gadget sebagai sarana pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan desain eksplanatori. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Singaparna Tahun Ajaran 2024/2025 yang mengikuti mata pelajaran Ekonomi, dengan jumlah 215 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dan iklim kelas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan. Nilai F hitung sebesar 191,8> F tabel 2,65 mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya optimalisasi teknologi dan penciptaan iklim kelas yang kondusif dalam meningkatkan capaian akademik siswa.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Iqra’, 3(1). https://doi.org/10.30984/jii.v3i1.548

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709

Aprianti, F., Dayurni, P., Fajari, L. E., Pernanda, D., & Meilisa, R. (2022). The Impact of Gadgets on Student Learning Outcomes: A Case Study in Indonesia Junior High School Students. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(5), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.7446724

Chen, D. P., Chang, S. W., Burgess, A., Tang, B., Tsao, K. C., Shen, C. R., & Chang, P. Y. (2023). Exploration of the external and internal factors that affected learning effectiveness for the students: a questionnaire survey. BMC Medical Education, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12909-023-04035-4

Costa, A., Moreira, D., Casanova, J., Azevedo, Â., Gonçalves, A., Oliveira, Í., Azevedo, R., & Dias, P. C. (2024). Determinants of academic achievement from the middle to secondary school education: A systematic review. In Social Psychology of Education. Springer Science and Business Media B.V. https://doi.org/10.1007/s11218-024-09941-z

Hayya, N. F., & Madiun, U. P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Tingkat Intelegensi, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Magetan. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 1, 1039–1051. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Hidayah, N. R., Mustaji, M., Roesminingsih, E., Setyowati, S., & Hariyati, N. (2024). Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(2), 2386–2395. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1055

Husna, R. (2017). PENGARUH IKLIM KELAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.

Lende, E. N., Gede, D., & Wirawan, K. (2021). The Effect Of The Use Of Technology And Study Habits On The Economics Learning Outcomes Of Class XI IPS Students At SMA Negeri 6 Denpasar For Academic Year. 3(2), 81–86. https://doi.org/10.5281/zenodo.7122255

Lestari, F., Devina, S., & Saputri, A. O. (2024). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelasx Di Sma Adhyaksa 1 Kota Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 8(1), 5. https://doi.org/10.33087/sjee.v8i1.150

Limniou, M. (2021). The effect of digital device usage on student academic performance: A case study. Education Sciences, 11(3). https://doi.org/10.3390/educsci11030121

Ma, Y., & Wei, C. (2022). The relationship between perceived classroom climate and academic performance among English-major teacher education students in Guangxi, China: The mediating role of student engagement. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.939661

Mackiewicz, J. (2018). A Mixed-Method Approach. In Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Wang, M. Te, L. Degol, J., Amemiya, J., Parr, A., & Guo, J. (2020). Classroom climate and children’s academic and psychological wellbeing: A systematic review and meta-analysis. Developmental Review, 57. https://doi.org/10.1016/j.dr.2020.100912

Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 064–078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421

Zhao Ma, X., Annian Ertmer, P., Petrus Mariana Pelgrumen, C., Robert Watsonta, J., & Chin Sengha Tanu, M. (2024). The Impact of Technology Integration on Student Learning Outcomes. In JTL: Journal of Teaching and Learning (Vol. 1, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i2.15720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019