PENGARUH GENDER, STATUS BEKERJA, DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Syifa Sansabiella Audi Utami, Heni Cahya Ramdani, Khusaini Khusaini

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gender, Status Bekerja, dan tingkat Self-Regulated Learning terhadap prestasi akademik baik secara parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian mahasiswa/i semester 2 hingga 8 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang sebanyak 82 mahasiswa/i yang diambil dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen pengumpulan data gender, status pekerjaan, dan prestasi akademik menggunakan kuesioner data pribadi responden, sedangkan tingkat self-regulated learning menggunakan kuesioner berupa pertanyaan sebanyak 25 butir soal dengan indikator berupa aspek kognisi, motivasi, dan perilaku dengan menggunakan skala likert sebagai pengukurnya. Metode analisis menggunakan uji regresi berganda dengan terlebih dahulu mengacu pada tahap uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial gender dan self-regulated learning berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, tetapi tidak terdapat pengaruh status bekerja terhadap prestasi akademik mahasiswa karena nilai IPK yang diperoleh antara mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja dalam penelitian masih termasuk dalam kategori baik dengan hasil analisis deskriptif statistik diperoleh nilai mean sebesar 3,31. secara simultan menunjukkan bahwa gender, status bekerja, dan self-regulated learning secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik dengan signifikansi 0,009<0,1.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Chan, Y.-K., & Kan, A. C. N. (2017). The Interplay between Gender, Learning Approaches and Academic Performance in Chinese Sub-Degree and Degree Students. Global Journal of Educational Studies, 3(1), 10. https://doi.org/10.5296/gjes.v3i1.10781

Daulay, S. F., & Rola, F. (2009). Perbedaan Self-Regulated Learning antara Mahasiswa yang Bekerja Dan yang Tidak Bekerja.

Furr, S. R., & Elling, T. W. (2000). The Influence of Work on College Student Development. Journal of Student Affairs Research and Practice, 37(2), 454–470. https://doi.org/10.2202/1949-6605.1108

Hoang, T. N. (2008). The Effects of Grade Level, Gender, and Ethnicity on Attitude and Learning Environment in Mathematics in High School. Education, 3(1), 47–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92048-8

Marsh, Herbert W dan Sabina Kleitman. (2005). “consequences of Employment During High Scool: Character Building, Subversion of Academic Goals, or a Threshold?â€, American Educational Research Journal Summer 2005, Vol. 42, No 2, p. 331-369.

Munisah & Khusaini. (2017) Pengaruh Gender, Status Bekerja Dan Status Perkawinan Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal KREATIF F : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 5, No.1, Oktober 2017

Quirk, K. J., Keith, T. Z., & Quirk, J. T. (2001). Employment During High School and Student Achievement: Longitudinal Analysis of National Data. The Journal of Educational Research, 95(1), 4–10. https://doi.org/10.1080/00220670109598778

Ruscoe, Morgan, dan Peebles (1996) Students Who Work. Adolescence, 31, 625-632. https://books.google.co.id/books?id=llq6uUlwqucC&pg=PA146&lpg=PA146&dq=Ruscoe,+Morgan,+dan+Peebles+(1996)&source=bl&ots=rodW93HgHP&sig=ACfU3U1-TzZIGEZXrreP5X4VLF7It4GHUA&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjQ6ee_o_ToAhXOdCsKHSTJBwQQ6AEwCnoECAsQKA#v=onepage&q=Ruscoe%2C%20Morgan%2C%20dan%20Peebles%20(1996)&f=false

Spitzer, T. M. (2000). Predictors of College Success: A Comparison of Traditional and Nontraditional Age Students. Journal of Student Affairs Research and Practice, 38(1), 82–98. https://doi.org/10.2202/1949-6605.1130

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zimmerman, B. J., & Martinez-pons, M. (1988). Contruct validation of a strategy model of student self-regulated learning. Journal of educational psychology, 80, 284-290.

Zimmerman, Barry J. (2010). Self – Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. ISSN: 0046-1520 (Print) 1532-6985 (Online) Journal homepage: http://www.tandfonline.com/loi/hedp20




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v1i1.1630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019
Â