ANALISIS SWOT PADA UMKM “RAJA AYAM” UNTUK PENGEMBANGAN UMKM DI WILAYAH KOTA TASIKMALAYA

Desi Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan strategi pengembangan UMKM Kedai Raja Ayam di Tasikmalaya menggunakan pendekatan analisis SWOT. Kedai Raja Ayam, yang didirikan pada tahun 2019, telah berkembang dengan tiga cabang yang berlokasi di sekitar area Universitas Siliwangi . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan pemilik usaha dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedai Raja Ayam memiliki potensi besar untuk tumbuh, terutama karena lokasi strategisnya yang dekat dengan populasi mahasiswa. Meskipun menghadapi tantangan seperti persaingan bisnis dan dampak pandemi COVID-19, usaha ini mampu bertahan dengan fokus pada kualitas rasa dan pelayanan yang ramah. Penggunaan banner sebagai strategi pemasaran sederhana dan adopsi pembayaran digital juga mendukung operasional usaha. Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi Kedai Raja Ayam. Berdasarkan analisis tersebut, penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi pemasaran yang lebih terstruktur,peningkatan pengelolaan sumber daya, penguatan hubungan dengan pelanggan dan komunitas, serta pengembangan kemitraan strategis. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa Kedai Raja Ayam memiliki dasar yang kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan. Dengan menerapkan strategi yang tepat berdasarkan analisis SWOT, usaha ini dapat meningkatkan daya saing dan mencapai kesuksesan jangka panjang.


Full Text:

PDF

References


Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2010). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability. 13th Ed. Pearson Education.

Schumpeter, J. A. (1934). The Theory of Economic Development. Cambridge: Harvard University Press.

David, F. R. (2011). Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Ed. Pearson Education.

J. Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Zebua, N. R. (2024). Analisis Swot Pada Usaha Rumah Makan Nasional. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 7(2), 1-16.

Redjeki, S., Cahyono, A. E., & Zaini, A. M. (2023). Merancang Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Rumah Makan Ayam Pedas Mlokorejo). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 36-46.

Tarigan, D. A. B., & Ompusungu, D. P. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Melalui Analisis SWOT (Studi Pada Usaha UMKM Gorengan Di Lokasi Wisata Juma Bakal Desa Dokan). Advances in Social Humanities Research, 1(2), 81-86.

Wahyuniarso, T. D. (2013). Strategi Pengembangan Industri Kecil Keripik di Dusun Karangbolo Desa Lerep KabupatenSemarang. Semarang: Skripsi S1 Universitas Negeri Semarang.

Hartono, Jogiyanto. "Sistem informasi strategik untuk keunggulan kompetitif." Yogyakarta: Penerbit Andi Offset (2005).

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama, 1998.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i2.17491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019