ANALISIS SWOT PADA UMKM MELLS EMBROIDERY KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kualitas UMKM Mells Embroidery menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui wawancara mendalam kepada manajer UMKM Mells Embroidery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama Mells Embroidery terletak pada kualitas produk yang baik dan desain yang unik, sementara kelemahannya adalah keterbatasan modal dan pemasaran yang kurang luas. Peluang yang dapat dimanfaatkan adalah tren pasar yang mendukung produk bordir dan pemanfaatan media sosial untuk promosi, sedangkan ancaman utama adalah persaingan dengan UMKM sejenis dan perubahan tren pasar yang cepat. Berdasarkan analisis SWOT, penelitian ini merekomendasikan strategi pengembangan yang fokus pada pemanfaatan kekuatan untuk meraih peluang, mengatasi kelemahan dengan memanfaatkan peluang, memanfaatkan kekuatan untuk menghadapi ancaman, dan meminimalkan kelemahan serta menghindari ancaman. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan UMKM Mells Embroidery dan UMKM sejenis dalam menghadapi tantangan bisnis.
Full Text:
PDFReferences
Adji, W. N. (2022). Pengendalian Kualitas Proses Produksi Konveksi Pada PT Kaosta Sukses Mulia. Jurnal Manajemen Industri.
Armstrong, M. (2006). A Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page.
Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19-25.
Breaugh, J. A. (2008). Employee Recruitment. Annual Review of Psychology, 59, 439-462.
Fujiatul, A. (2023). Analisis Manajemen Produksi Usaha Konveksi di Muthia Konveksi. Gorga: Jurnal Seni Rupa.
Goleman, D. (2000). Leadership That Gets Results. Harvard Business Review.
Haryono, T., Handayani, R., Khoiriyah, S., & Sugiarti, R. (2014). Akselerasi Bisnis Konveksi Batik Melalui Manajemen Industri Kreatif di Surakarta. Cakra Wisata.
Indriastuti, S. (2009). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai Sektor Pendukung Ekonomi Lokal. Journal of Social Research
Noe, R. A. (2010). Employee Training and Development. McGraw-Hill.
Permatasari, A. (2017). Analisa konsep perencanaan strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 11(2).
Zaidah, A., & Haq, B. N. (2020). Analisis Boston Consulting Group Pada Produk Busana Muslim UMKM Azqila Hijrah. IKRAITH-EKONOMIKA, 3(3), 1-10.
DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i2.17552
Refbacks
- There are currently no refbacks.



