PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN BANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan terkait rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan bantuan media crossword puzzle. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design, melibatkan dua kelompok yang memperoleh perlakuan berbeda kemudian mengamati hasil perlakuan tersebut melalu alat pengumpulan data yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada kelas eksperimen terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik pada materi pengangguran yang terlihat dari rata-rata nilai pretest 49,78 dan rata-rata nilai posttest 87,50. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada materi pengangguran dilihat dari rata-rata nilai pretest 47,78 dan rata-rata nilai posttest 80.44. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dari nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya sig.(2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Kemudian dilihat dari rata-rata nilai N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain lebih besar yaitu 0,76 sedangkan kelas kontrol hanya memiliki nilai N-Gain sebesar 0,62. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan bantuan media crossword puzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Entin T. 2013. “Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Membuat Produk Kria Kayu Dengan.” Economic Education Analysis Journal IX(1):17–28.
Avana, Nurlev. 2018. "Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Diiringi Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Statistika". Jurnal of Language Education and Development. Vol 1. No. 1 (2018)
Heryati. Neni. 2021. Snowball Throwing Berbantu Media Teka-Teki Silang Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(1), 85-90.
Kurniawan, Agung Widhi, and Zarah Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Pranata, P. A., I. G. Sudirtha, and ... 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Peserta didik Kelas VII 2.” KARMAPATI (Kumpulan … 2:536–43.
Rahayu, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Jawa Timur
DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v6i1.17556
Refbacks
- There are currently no refbacks.



