PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Fuji Dewi Sri

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan terkait rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Ciamis. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Leraning. Dalam penelitian ini menggunakan model Problem Based Leraning karena model ini merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa dan melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada kelas eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar yang terlihat dari rata-rata nilai pretest 43,94 dan rata-rata nilai posttest 88,06. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas kontrol yang mengalami kenaikan diketahui dari nilai rata rata pretest 33,37 dan  rata-rata nilai posttest  70,49. (3) Terapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dari nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti leih kecil dari 0,05. Kemudian dilihat dari rata-rata nilai N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih besar yaitu rata-rata nilai N-Gain nya sebesar 0,79 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai sebesar 0,56. dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Learning lebih efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti Umi Nur, Sarjono, Ahmad Hariyadi (2020). Penerapan Motode Pembelajaran Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Perpajakan pada kelas XI IPS MA Abu Dzarrin Kendal Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020. Lentera , 13 (2). 305-314.

Ariani, B., & Firosalina, K. (2021). Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2).

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fauziah, D. N. (2016). Penerapan Model Problem based learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 102–109.

Hajar, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi Sma Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2).

Hasanah Uswatun , Sarjono , Ahmad Hariyadi. (2021). Pengaruh Model Problem based learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara. 7(1). 43-52.

Hasmiati, H., Jamilah, J., & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21-35.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v5i2.17558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019