Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Berbelanja Online Melalui Marketplace

Sabina Juliantika

Abstract


Masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja online melalui marketplace pada Mahasiswa Universitas Siliwangi Tahun Angkatan 2021. Sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Metode penelitian menggunakan pendektan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis Deskritif Persentase dan Confirmatori Factor Analysis. Berdaparkan hasil penelitian terdapat 4 faktor yang terbentuk yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja online yaitu, (1) faktor pribadi dengan nilai persentase  69%, nilai eigenvalue sebesar 8,975 serta nilai variansi sebesar 43%; (2) nilai faktor psikologis dengan nilai persentase 62%, nilai eigenvalue sebesar 2,972 serta nilai variansi sebesar 14%; (3) faktor budaya dengan nilai persentase 62%, nilai eigenvalue sebesar 1,245 serta nilai variansi sebesar 6%%; (4) faktor sosial dengan nilai persentase 46%, nilai eigenvalue sebesar 1,594 serta nilai vairansi sebesar 8%. Kemudian dapat diketahui faktor yang paling dominan yaitu faktor pribadi dengan variabel indikator: kelompok referensi, peran dan status, dan gaya hidup.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v4i1.8484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019
Â