PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN DAN MOTIVASI TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA MELALUI INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA
Abstract
Masalah dari penelitian terkait rendahnya perilaku berwirausaha mahasiswa yang diantaranya disebabkan oleh kepribadian, motivasi dan intensi. Metode penelitian ini menggunakan survei dengan desain eksplanatori. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2018-2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya Adapun jumlah populasinya yaitu 436 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling jenis proportionate stratified random sampling sehingga populasi akan dihitung menggunakan rumus slovin dimana sampel yang diambil yaitu 209 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian dan motivasi terhadap perilaku berwirausaha melalui intensi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan secara langsung dan tidak langsung.
The research problem is related to the low entrepreneurial behavior of students, which are caused by personality, motivation and intentions. This research method uses a survey with an explanatory design. The approach used in this research is quantitative. This research was conducted at the Department of Economic Education class 2018-2021, Teaching and Education Faculty, Siliwangi University, Tasikmalaya City. The total population is 436 students, using a sampling technique, namely probability sampling of the proportionate stratified random sampling type so that the population will be calculated using the slovin formula where the samples are taken namely 209 students. The data collection technique in this study used a questionnaire and the data analysis technique used was path analysis. The results of the study show that personality and motivation on entrepreneurial behavior through entrepreneurial intentions have a positive and significant direct and indirect effect.
Â
Kata Kunci: Kepribadian, Motivasi, Intensi, Perilaku, Wirausaha
References
BPS. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019. Badan Pusat Statistik, 11(84), 1–27.
Creswell, J. (2015). Riset pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmawan, I., & Soetjipto, B. E. (2016). The implementation of project-based learning to improve entrepreneurial intention and entrepreneurship learning outcome of economics education students. Journal of Business and Management, 18(10), 98–102.
Ghodang, H. (2020). PATH ANALIYSIS (Analisis Jalur). Medan: PT Penerbit Mitra Grup.
Jadmiko, P., Azliyanti, E., & Putri, T. D. (2018). the Influence of Educational Support on Entrepreneurial Interest, Family Support As a Moderator Variable ( Research on Economics Student of Bung Hatta). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 6(3), 230–243.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Suharti, Lieli dan Hani Sirine. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention), (Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 13, (2), pp: 124-134.
DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v4i2.8620
Refbacks
- There are currently no refbacks.