PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA PADA MATERI STATISTIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar yang berorientasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMA pada materi staitistika yang valid. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang meliputi tujuh langkah pokok, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid. Kevalidan bahan ajar diperoleh berdasarkan data angket dari hasil uji ahli, yaitu ahli materi dengan persentase 88,57% yang mengkategorikan sangat baik, ahli pendidikan dengan persentase 96,55% yang mengkategorikan sangat baik, dan ahli media dengan persentase 100% yang mengkategorikan sangat baik. Secara keseluruhan rata-rata persentase uji ahli adalah 95% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aspek keterbacaan dan kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan diperoleh dari data angket hasil uji coba kepada peserta didik dengan persentase 81% dan wawancara guru di SMAN 8 Pandeglang dengan hasil mencapai kategori sangat baik. Jadi berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang berorientasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMA pada materi statistika valid dan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran matematika.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.