EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENGGALI KELANCARAN PROSEDURAL PESERTA DIDIK

Yoyoh Maghfuroh, Dedi Muhtadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar dan menggali kelancaran prosedural peserta didik melalui model Brain Based Learning ditinjau dari aspek fleksibilitas, efisiensi dan akurasi. Metode penelitian menggunakan mixed methods dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Tasikmalaya dengan pengambilan sampel satu kelas secara purposive sampling, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan instrumen penelitian berupa soal tes kelancaran prosedural. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu proporsi uji   dan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu dengan analisis hasil jawaban soal tes kelancaran prosedural peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelancaran prosedural peserta didik melalui model Brain Based Learning mencapai ketuntasan belajar dan kelancaran prosedural peserta didik melalui model Brain Based Learning ditinjau dari aspek fleksibilitas, efisiensi dan akurasi secara umum termasuk ke dalam kategori cukup lancar, yaitu memenuhi dua aspek atau salah satu aspek tidak dipenuhi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.