PEMETAAN GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK BERDASARKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS

Edi Hidayat, Nani Ratnaningsih, Satya Santika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya berpikir peserta didik berdasarkan kemampuan koneksi matematis dalam mengerjakan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melaksanakan tes gaya berpikir dan tes kemampuan koneksi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu tes gaya berpikir yang dirancang oleh Park John Lee Teliier dan instrumen tes kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini dilaksnakan di Ciamis dengan empat orang peserta didik, yaitu satu peserta didik dari masing-masing gaya berpikir yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan jawaban peserta didik yang paling benar dan dapat memberikan informasi secara lisan mengenai hasil pekerjaannya. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial konkret dan acak konkret, mampu mengenali dan menggunakan hubungan di antara ide-ide matematika, memahami bagaimana ide matematika saling berhubungan dan saling membangun untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren, serta mengenali dan menerapkan matematika dalam konteks diluar matematika. Dilain pihak peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial abstrak hanya hanya mampu pada indikator mengenali dan menggunakan hubungan di antara ide-ide matematika, serta  mengenali dan menerapkan matematika dalam konteks diluar matematika. Peserta didik dengan gaya berpikir acak abstrak hanya memenuhi indikator mengenali dan menggunakan hubungan di antara ide-ide matematika, serta memahami bagaimana ide matematika saling berhubungan dan saling membangun untuk menghasilkan keutuhan yang koheren.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.