Analisis Faktor-Faktor Penentu Permintaan pada Objek Wisata Situ Lengkong di Kabupaten Ciamis Tahun 2019

Aso Sukarso, Encang Kadarisman

Abstract


The purpose of this study is to analyze the effects of travel costs, travel time, relationship of travel costs to other tours, relationship of travel time to tourist attractions, income, perception of environmental amenities and quality of attractiveness (such as tourism facilities, arts, environmental concessions, and culinary) on number of visit to Situ Lengkong Tourism Object. This study is an associative research. The data used are primary and secondary data. The analytical method that used in this study is multiple regression with an approach of Travel Cost Method (TCM). Based on the multiple regression analysis of Situ Lengkong Tourism Object, it is obtained that: a) the duration of the trip has a negative effect on the number of Situ Lengkong Tourism Object; b) length of trip to other attractions (Karangkamulyan) has a positive effect on the number of visits to Situ Lengkong Tourism Object; c) the perception of the price of admission to another tourist attraction (Karangmulyan) has a negative effect on the number of visits to Situ Lengkong Tourism Object; d) perception of the facilities in Situ Lengkong Tourism Object positively influences the number of visits to Situ Lengkong Tourism Object; e) culinary perceptions at Situ Lengkong Tourism Object affect the number of Situ Lengkong Tourism Object visits.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh biaya perjalanan, waktu tempuh, biaya perjalanan ke wisata lain, waktu tempuh ke tempat wisata, pendapatan, persepsi daya tarik amenitas dan kualitas lingkungan (seperti sarana wisata, kesenian, konsisi lingkungan, dan kuliner) terhadap jumlah kunjungan objek wisata Situ Lengkong. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan pendekatan Travel Cost Method (TCM). Berdasarkan analisis regresi berganda Objek Wisata Situ Lengkong, diperoleh hasil sebagai berikut: a) lama perjalanan berpengaruh negatif terhadap jumlah kunjungan Objek Wisata Situ Lengkong; b) lama perjalanan ke objek wisata lain (Karangkamulyan) berpengaruh positif terhadap jumlah kunjungan Objek Wisata Situ Lengkong; c) persepsi terhadap harga karcis masuk objek wisata lain (Karangmulyan) berpengaruh negatif terhadap jumlah kunjungan Objek Wisata Situ Lengkong; d) persepsi terhadap sarana di Objek Wisata Situ Lengkong berpengaruh positif terhadap jumlah kunjungan Objek Wisata Situ Lengkong; e) persepsi kuliner di Objek Wisata Situ Lengkong berpengaruh terhadap jumlah kunjungan Objek Wisata Situ Lengkong.


Keywords


Wisata; Situ Lengkong; Jumlah Kunjungan.

Full Text:

PDF

References


Afia, Salma, Irma dan Susilowati, Indah. (2004). Analisis Permintaan Objek Wisata Alam Curug Sewu Kabupaten Kendal dengan Pendekatan Travel Cost, Universitas Diponegoro, Semarang.

Basuki, Agus Tri. (2017). Bahan Ajar Ekonometrik 1, Danisa Media, Banyumeneng, V/15 Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Budi M, Arifta dan Purbayu Budi Santosa. (2013). Analisis Permintaan Objek Wisata Masjid Agung Semarang. Diponogoro Journal of Economics, Vol. 2 No. 2/tahun 2013 Hal 1-15.

Cooper, C., J. Fletcher, A. Fyall, D. Gilbert and S. Wanhill. (2008). Tourism: Principles and Practice. Essex: Pearson Education Limited. Fourth Edition.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (2011). Pertumbuhan Kunjungan Wisatawan ke Objek Wisata di Provinsi Jawa Barat Tahun 2006-2010, Bandung.

Garrod, Guy and Kenneth G. Willis. (1990). Economic Valuation of The Environment: Methods and Case Studies, Edward Elgar Publishing Limited, United Kingdom.

Gujarati D. (2003). Basic Econometrics, 4th Edition. New York: McGraw-Hill.

Hertinmalyana, Mila. 2014. Analysis of Demand and Consumption of International Visitors to Indonesia (from selected countries). Global Forum on Tourism Statistics Nara

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Kesatuan Pemangku Hutan Bandung Utara. (2012). Jumlah Kunjungan Objek Wisata Curug Cimahi 2009-2011, AEJ KPH Bandung Utara, Bandung

Mathieson, A; G. Wall. (1982). Tourism: Economic, Physical and Social Impact. New York: Long Man.

Mankiw, N Gregory, Quah Euston dkk. (2012). Pengantar Ekonomi Mikro Edisi Asia. Jakarta: Salemba Empat.

Mc.Eachern, William. (2006). Ekonomi Mikro, Terjemahan Sigit Triandaru, Salemba Empat, Jakarta.

Rubinfeld & Pindyck. (2005). Microeconomics. Sixth Edition. Pearson Education International.

Samuelson, William A., William D. Nordhaus. (2003). Ilmu Mikroekonomi, Edisi Tujuh Belas, PT. Media Global Edukasi, Jakarta.

Salma, Irma Afia dan Indah Susilowati. (2004). Analisis Permintaan Objek Wisata Alam Curug Sewu, Kabupaten Kendal dengan Pendekatan Travel Cost. Jurnal Dinamika Pembangunan, Vol. 1 No. 2/Des 2004.

Santosa, Purbayu Budi & Arifta Budi M. (2013). Analisis Permintaan Objek Wisata Masjid Agung Semarang. Diponegoro Journal of Economics. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013 Halaman 1- 15.

Sinclair, M Thea dan Stabler, Mike. (1997). Economics of Tourism, Rout Ledge. London

Spillane, James J. (1987), Pariwisata Indonesia Sejarah dan Prospeknya, Kanisius, Yogyakarta.

Sukirno, Sadono. (2010). Mikroekonomi Teori Pengantar, Edisi Ketiga, Rajawali Pers, Jakarta.

Suparmoko. (1997). Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, BPFE, Yogyakarta.

Suparmoko dan Maria R. (2000). Ekonomika Lingkungan, BPFE, Yogyakarta.

Tazkia, Fanita Osha & Banatul Hayati. (2012). Analisis Permintaan Objek Wisata Pemandian Air Panas Kalianget di Kabupaten Wonosobo dengan Pendekatan Travel Cost. Diponegoro Journal of Economics. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012, Halaman 1-10.

Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009, Tentang Kepariwisataan.

Wahab, Salah. (1997). Pemasaran Pariwisata, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Yoeti, Oka A. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa, Bandung.

Zaenal, S. (2006). Analisis Permintaan Objek Wisata Dataran Tinggi Dieng, Universitas Diponegoro Semarang, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.37058/wlfr.v1i1.1460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi



__________________________________________________________________________________________________________________________________________

                                                                                                             ____ ____

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi by Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Siliwangi
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare/index
 
WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi Visitor Counter Welfare Stat