Analisis Keterkaitan antar Sektor Kunci Berdasarkan Data Input Output Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2012

Aso Sukarso, Asep Yusup Hanapia, Chandra Budhi.L.S

Abstract


This study aims to determine the backward linkages and forward linkages between key sectors in Tasikmalaya Regency. The data used is the Table of Input Output (BPS) of Tasikmalaya Regency in 2012. The data analysis in this study uses standard deviation processed by Excel. This study uses several approaches, namely: backward linkage and direct backward spreads; direct and indirect total backward linkage; direct, indirect, and induced total backward linkage; forward linkage and direct forward spreads; direct and indirect total forward linkages; direct, indirect, and induced total forward linkages. Based on the results of the study, it was found that sector 3 (processing industry) is a key sector that is directly, indirectly, and affected, this sector asks for inputs in other sectors equally. Meanwhile, sector 6 (trade, hotels and restaurants) is a key sector because directly, indirectly, and affected, this sector demands output in other sectors equally.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan ke belakang dan keterkaitan ke depan antar sektor kunci di Kabupaten Tasikmalaya. Data yang digunakan adalah tabel Input Output (BPS) Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2012. Analisis data pada penelitian ini menggunakan standar deviasi yang diolah dengan Excel. Penelitian ini menggunakan beberapa pendekatan, yaitu: keterkaitan ke belakang dan penyebaran ke belakang langsung; keterkaitan ke belakang total langsung dan tidak langsung; keterkaitan ke belakang total langsung, tidak langsung, dan terimbas; keterkaitan ke depan dan penyebaran ke depan langsung; keterkaitan ke depan total langsung dan tidak langsung; keterkaitan ke depan total langsung, tidak langsung, dan terimbas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa sektor 3 (industri pengolahan) adalah sektor kunci karena secara langsung, tidak langsung, dan terimbas, sektor ini meminta input atau faktor produksi pada sektor-sektor lain secara merata. Adapun sektor 6 (perdagangan, hotel dan restoran) adalah sektor kunci oleh karena secara langsung, tidak langsung, dan terimbas, sektor ini meminta output atau hasil produksi pada sektor-sektor lain secara merata.


Keywords


Keterkaitan ke belakang; Keterkaitan ke depan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Indonesia. (2013). “Statistik Input Output Tasikmalaya 2010.

Hirschman, A.O. (1958). The Stratey of Economics Development. Yale University, New York.

Kamaluddin. (1987). Dampak Desentralisasi Keuangan terhadap Kinerja Layanan: Implikasi setelah Otonomi Daerah Kasus Kota Bengkulu, Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu

Malba, E., & Taher, I. M. (2016). Analisis Input-Output atas Dampak Sektor Pariwisata terhadap Perekonomian Maluku. Bina Ekonomi, 20(2), 213–229.

Martilova, N., & Aimon, H. (2013). Analisis serta Perencanaan Output dan Kesempatan Kerja di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Kajian Ekonomi, 2(03).

Miller, R. E., & Blair, P. D. (2009). Input-Output Analysis: Foundations and Extensions. Cambridge University Press.

Perwitasari, H., & Sari, P. N. (2013). Analisis Input-Output Komoditas Kelapa Sawit di Indonesia. Mediagro, 9(1).

Ropingi dan Dany Artanto. (2002). Peranan Sektor Pertanian dalam Pemulihan Ekonomi, Agrimedia

Purnomo, D., & Istiqomah, D. (2008). Analisis Peranan Sektor Industri terhadap Perekonomian Jawa Tengah Tahun 2000 dan Tahun 2004 (Analisis Input Output). Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 9(2), 137–155.

Tambunan, M. (2001). Prospects for Free Internal Trade and its Impact Upon Regional Growth. Paper Presented at the Domestic Trade, Decentralization, and Globalization: A One Day Conference. Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia., Jakarta.

Wijaya, I. R. A., Masyhuri, M., Irham, I., & Hartono, S. (2014). Analisis Input Output Pengolahan Tembakau di Provinsi Jawa Timur. Agro Ekonomi, 25 (1).




DOI: https://doi.org/10.37058/wlfr.v2i2.3627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi



__________________________________________________________________________________________________________________________________________

                                                                                                             ____ ____

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi by Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Siliwangi
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare/index
 
WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi Visitor Counter Welfare Stat