PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

Neneng Erna, Egi Nuryadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2012 sampai dengan bulan Maret 2013 SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Manonjaya tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 5 kelas dan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang diambil dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa pada konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Tes ini berupa pilihan ganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe coperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar peserta didik pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Penelitian yang selanjutnya, peneliti harus melakukan inovasi agar model pambalajaran kooperatif tipe  cooperative integrated reading and composition ini lebih optimal dan menarik bagi peserta didik dalam memahami istilah-istilah pelajaran biologi.

Keywords


Cooperative integrated reading and composition; concept Food in the Human Digestive System

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

E. Robert, Slavin. (2005). Cooverative Learning. Bandung: Nusa Media.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Sharan, Shlomo. (2012). The Handbook of Cooverative Learning. Yogyakarta : Familia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno, amin. (2005). Pengadopsi pembelajaran cooperative integrated reading and composition dalam meningkatkan keterampilan siswa menyelesaikan soal cerita seminar nasional F.MIPA UNNES.

Syah, Muhibin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Widaningsih, Dedeh. (2011). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Tasikmalaya: FKIP Universitas Siliwangi.

Yamin, Martinis. (2008). Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta: Gaung Persada P




DOI: https://doi.org/10.34289/277883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING