Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Akuntansi merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Akuntansi meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas), serta hasil kajian dalam bidang akuntansi.

Jurnal Akuntansi menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang kajian Akuntansi dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti baik nasional maupun internasional. Cakupan bidang kajian di bidang Akuntansi, Sub bidang:

  1. Akuntansi Keuangan
  2. Auditing
  3. Akuntansi Manajemen
  4. Akuntansi Syari'ah
  5. Akuntansi Sektor Publik
  6. Sistem Informasi Akuntansi
  7. Akuntansi Internasional
  8. Akuntansi Perpajakan
  9. Akuntansi Perbankan

 

Section Policies

Front Meters

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Articles Review

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kebijakan review Jurnal Akuntansi :

  1. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Akuntansi di review oleh 2 orang mitra bestari
  2. Review jurnal menerapkan sistem double blind review.
  3. Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke Jurnal Akuntansi dilakukan dengan sistem editorial dan reviewer juga dibantu dengan pengecekan dengan turnitin
  4. Terdapat empat (4) rekomendasi yang dapat diberikan oleh reviewer yaitu: 1) Accept Submission. Menerima artikel tanpa ada revisi yang diberikan; 2) Revision Required. Memberikan revisi tanpa harus melakukan review ulang. Setelah penulis merevisi naskah langsung dilanjutkan ke proses editing; 3) Resubmit for Review. Memberikan revisi dan setelah penulis merevisi naskah di review ulang. 4) Decline Submission. Menolak tulisan karena kualitas tidak memenuhi syarat.
  5. Dalam melakukan review, reviewer mempertimbangkan : kebaruan topik, objektivitas, metode, dampak/implikasi keilmuan, kesimpulan dan referensi.
  6. Penerimaan sebuah artikel oleh Editor tergantung pada rekomendasi reviewer

 

Publication Frequency

Jurnal Akuntansi terbit dua edisi dalam setahun, setiap Mei dan November

 

Open Access Policy

Jurnal Akuntansi menyediakan akses terbuka langsung ke konten pada prinsip bahwa membuat penelitian secara bebas tersedia untuk umum untuk mendukung pertukaran global yang lebih besar dari pengetahuan.

Jurnal Akuntansi adalah jurnal dengan akses terbuka yang berarti bahwa pengguna tidak harus terdaftar dan login untuk melihat situs jurnal atau untuk melihat konten akses terbuka, semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap di jurnal ini tanpa meminta izin sebelumnya dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan Budapest Open Access Initiative.

 

Publication Ethics

Publication Ethics

Jurnal Akuntansi (ISSN: 1907-9958 (Print) ISSN: 2685-9246 (Online)) adalah jurnal peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi. Pernyataan ini menyatakan perilaku etik dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan sebuah artikel di Jurnal Akuntansi, termasuk di antaranya penulis, editor, ketua dewan redaksi, dewan redaksi, mitra bestari dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada pedoman COPE’s Best Practice Guidelines untuk editor sebuah jurnal. Penulis harus mengajukan izin etik penelitian yang dikeluarkan oleh komisi etik penelitian.

 1. Pedoman Etik dalam Publikasi Jurnal

Publikasi sebuah artikel dalam jurnal peer-review seperti Jurnal Akuntansi adalah sebuah unsur penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan. Hal ini merupakan refleksi langsung dari kualitas karya para penulis dan lembaga yang mendukung. Artikel peer-review berfungsi mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menyepakati standar etika publikasi bagi seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah penerbitan jurnal, baik penulis, editor, dewan redaksi, mitra bestari, penerbit dan masyarakat.

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebagai lembaga penerbit Jurnal Akuntansi bertanggung jawab terhadap seluruh proses penerbitan dan menyadari penuh etika dan tanggung jawab yang berkaitan dengan proses tersebut. Selain itu, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi dan Dewan Redaksi berupaya menjalin komunikasi baik dengan jurnal dan/atau penerbit lain bilamana diperlukan.

2. Keputusan-Keputusan Publikasi

Sebelum dilakukan penerbitan baik secara Online dan Cetak untuk Jurnal Akuntansi, Editor in Chief yang bertanggungjawab atas penerbitan meminta masukan kepada Editor lain serta dukungan saran dari pada reviewer. Dimana, hal tersebut juga berdasarkan rangkaian penerbitan jurnal yang dimulai dari penyerahan naskah, pengecekan editor, pengecekan reviewer, pengecekan layout, pengecekan plagiat dan hak cipta. Hal tersebut dibawah pengawasan Editor in Chief dan Editor lainnya dengan diberi kewenangan, sehingga munculah keputusan publikasi untuk naskah pada Jurnal Akuntansi.

3.     Kerahasiaan

Naskah yang terbit pada Jurnal Akuntansi sangat dijaga nilai informasinya, dimana para editor, dan reviewer tidak diperkenankan membuka banyak informasi tentang sebuah naskah yang sudah disampaikan kepada siapa pun dari penulis, reviewer, tim editorial, serta penerbit, setapi hanya yang sesuai dan sewajarnya.

4.      Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan diungkapkan dalam sebuah naskah yang disampaikan tidak harus digunakan oleh banyak anggota dewan editor dan para reviewer dalam penelitiannya sendiri.

 

Tanggungjawab Editor

  1. Editor bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi. Editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penerimaan artikel, tim editor berasaskan pada asas kesamaan perlakuan.
  3. Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim editor tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  4. Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak akan digunakan oleh penelitian editor sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

 

Tanggungjawab Reviewer

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/ artikel yang masuk

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview.
  2. Review naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  4. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa plagiasi, dan manipulasi data.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak berkeberatan jika naskah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.

 

 Tanggungjawab Penerbit (Publisher)

  1. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebagai penerbit Jurnal Akuntansi bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebagai penerbit Jurnal Akuntansi bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya maisng-masing.
  3. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebagai penerbit Jurnal Akuntansi bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.