Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL AKUNTANSI?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1. Petunjuk Untuk Penulis

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan hasil yang akurat dari sebuah penelitian yang dilakukan disertai dengan diskusi yang objektif dan signifikan. Data dasar harus ditampilkan secara akurat pada artikel. Artikel harus mencakup informasi dan referensi yang cukup yang dapat diacu oleh orang lain pada penelitian berikutnya. Penipuan terhadap laporan yang dilakukan secara sengaja dianggap sebagai perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi

Penulis diminta untuk menyediakan data mentah yang berhubungan dengan artikel sebagai bahan ulasan editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut jika memungkinkan (sesuai dengan ketentuan Pernyataan Data dan Database ALPSP-STM), dan dalam hal apapun harus bersiap untuk menyimpan data tersebut untuk beberapa waktu setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa artikel yang diajukan adalah sepenuhnya asli, dan harus dikutip atau disitasi secara tepat jika penulis telah menggunakan penelitian dan/ atau kata-kata dari orang lain.

Publikasi Multipel, Berulang dan Serentak

Penulis tidak boleh secara umum mempublikasikan naskah dengan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau selain publikasi utama. Pengiriman naskah yang sama di lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan terhadap Sumber

Pengakuan terhadap karya orang lain harus dilakukan. Penulis harus mengutip seluruh kepustakaan yang digunakan dalam artikel.

Kepemilikan Artikel

Kepemilikan harus dibatasi kepada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap rancangan, desain, pelaksanaan atau interpretasi dari hasil penelitian yang diajukan. Semua orang yang telah berkontribusi harus terdaftar sebagai penulis. Bilamana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dalam proses penulisan artikel ataupun penelitian, maka mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis utama harus memastikan daftar seluruh penulis yang berkontribusi, dan seluruh penulis kontributor telah melihat dan menyetujui artikel final yang akan diajukan untuk publikasi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus menjabarkan dalam naskah artikel setiap konflik keuangan ataupun konflik kepentingan yang bersifat substansi yang mungkin mempengaruhi hasil atau interpretasi artikel. Semua sumber dukungan keuangan untuk penelitian tersebut juga harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Artikel yang Diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan dalam naskah artikel yang diterbitkan, hal itu merupakan kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk dapat diperbaiki atau ditarik kembali.

AUTHOR GUIDELINES

JURNAL AKUNTANSI

Artikel yang diajukan pada Jurnal Akuntansi harus mengikuti tata cara penulisan sebagai berikut:

  1. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan pengajuannya dilakukan secara online melalui website Jurnal Akuntansi. Pengajuan naskah artikel tidak dikenakan biaya. Penulis harus melakukan login terlebih dahulu. 
  2. Naskah artikel terdiri dari sekurang-kurangnya 2000 kata dan tidak melebihi 10 halaman termasuk gambar dan tabel, tanpa apendiks. File naskah harus berbentuk format Microsoft Office (.doc/.docx) or Open Office (.odt). Kertas yang digunakan berukuran A4 (21cm x 29.7cm) menggunakan margin dalam dan margin atas 3 cm, bawah dan luar berukuran 2 cm.
  3. Judul, Abstrak dan keyword ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
    1. Judul naskah tidak lebih dari 15 kata, dengan ketentuan format title case, small caps, centered, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 16, spasi 1.
    2. Abstrak tidak memuat gambar ataupun tabel, dalam format justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, spasi 1, tidak melebihi 250 kata.
    3. Keywords terdiri dari 3-5 kata/prase, dipisahkan menggunakan koma, dalam format justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, spasi 1.
  4. Isi Naskah Artikel
    1. Teks utama dari naskah artikel harus ditulis dalam format dua kolom dengan ukuran colom spacing 1 cm, justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, indentasi baris pertama 5 mm, 1 spasi.
    2. Terdiri dari : Pendahuluan, Isi pendahuluan mengungkapkan latar belakang masalah penelitian, penelitian-penelitian terkait yang pernah ada, perbedaan dari penelitian sebelumnya sehingga memunculkan kebaruan penelitian, rumusan/ identifikasi masalah, tujuan penulisan, harapan yang ingin dicapai dari tulisan, dan manfaat ilmiah dari tulisan. Metode penelitian harus disertakan dalam artikel yang diajukan. Jelaskan data, populasi dan penentuan sampel, alat analisis yang digunakan, dan jika ada bisa menyertakan Fishbone Diagram. Hasil dan Pembahasan isi nya mengungkapkan temuan hasil penelitian berdasarkan data lapangan yang diperoleh dengan angket, survei, dokumen, interview, observasi dan teknik pengumpulan data lainnya. Simpulan berisi ringkasan jawaban tujuan penulisan, kemungkinan penerapan atau pengembangan penelitian dan saran atau rekomendasi untuk penelitian selanjutnya. Referensi disusun secara alfabetis berdasarkan nama penulis yang disitasi. Tulisan daftar pustaka huruf TNR 12, 1 spasi, spasi bawah 6pt. Format penulisan referensi mengikuti APA Style 6 th Edition.
  5. Heading hanya boleh dibuat sampai 3 level.
    1. Heading 1: title case, small caps, left aligned, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 14, 1 spasi, menggunakan penomoran Romawi dengan titik.
    2. Heading 2: title case, left aligned, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, 1 spasi, menggunakan penomoran dengan huruf Kapital diikuti dengan titik.
    3. Heading 3: title case, left aligned, italic, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, 1 spasi, menggunakan penomoran dengan angka diikuti dengan tanda kurung tutup.
  6. Heading 4 tidak diterima dalam penulisan naskah artikel.
  7. Gambar dan tabel harus menggunakan warna hitam dan putih, jika dibuat dalam warna lain, harus dapat dipastikan bahwa gambar dan tabel dapat terbaca jelas ketika dicetak dalam warna hitam putih. Gambar dan tabel harus jelas terbaca dan dibuat dalam ukuran yang proporsional terhadap keseluruhan halaman. Judul gambar dan judul tabel harus menggunakan nomor, dengan font TNR ukuran 9 berspasi 1. Untuk memudahkan pengaturan tampilan artikel/layout, harap menyertakan gambar atau tabel dengan format  .tif/.jpg/.jpeg dalam folder terpisah.
  8. Persamaan Matematis ditulis dengan jelas, menggunakan urutan penomoran, dan dilengkapi dengan informasi yang diperlukan.
  9. Naskah artikel tidak menggunakan nomor halaman termasuk header dan footer.
  10. Semua hypertext links dan section bookmarks akan dihilangkan dari naskah artikel. Jika artikel anda merujuk pada alamat email atau URL, anda harus mengetikkan alamat email atau URL secara lengkap.
  11. Sitasi dan referensi ditulis menggunakan Mendeley.
    1. Referensi disusun secara alfabetis berdasarkan nama penulis yang disitasi. Tulisan daftar pustaka huruf TNR 12, 1 spasi, spasi bawah 6pt. Format penulisan referensi mengikuti APA Style 6th Edition seperti di bawah ini.

      Format Buku

      Kieso, D.E., J.J. Weygandt, and T.D. Warfield. (2011). Intermediate Accounting. IFRS Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.

      Scott, R. William. (2000). Financial Accounting Theory. New Jersey: Prentice Hall.

      Format Artikel Jurnal

      Desak Nyoman Sri Werastuti. (2017). Does Bond Ratings Assess Accrual Quality and Good Corporate Governance?. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), Volume 5, 2017, PP 1-14

      Jensen and Meckling. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economic, Vol. 3, No. 4, pp. 305-360.

      Format Prosiding Konferensi

      Siti Aminah Anwar., Junaidi., Moh. Amin. (2015). Dampak rasio camels terhadap praktik manajemen laba pada perbankan syari’ah  (Perbankan Syari’ah di Indonesia). Proceedings International Conference On Islamic Economics and Business  Strengthening Islamic Economics in Facing AEC November 2-3, 2015. Faculty of Economics, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Malaysia

      Format Sumber Elektronik

      IAS Plus. (2017). International Financial Reporting Standards diakses 1 November 2017, dari https://www.iasplus.com/en/standards

      Format Sumber Tesis atau Disertasi

      Praseyo, Eko. (2009). Analisis pengaruh proteksi investor terhadap manajemen laba: studi komparasi Malaysia dan Indonesia. Tesis S2 M.Sc Akuntansi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
    2. Wikipedia, personal blog/ blog pribadi seperti blogspot, atau website tidak ilmiah tidak diperkenankan digunakan sebagai rujukan artikel.
    3. Referensi utama harus sekurang-kurangnya 80% dari sekurang-kurangnya 10 referensi.
    4. Referensi harus menggunakan sumber terbaru sekurang-kurangnya 10 tahun terakhir. 
    5. Secara detail, tata cara penulisan naskah artikel dapat diunduh pada template yang telah disediakan.
  12. Dewan redaksi berwenang untuk menolak naskah artikel berdasarkan alasan yang dinyatakan peer reviewer dan membuat perubahan-perubahan yang dibutuhkan ataupun penyesuaian terkait penggunaan bahasa tanpa merubah substansi naskah artikel.  Penyuntingan isi naskah akan terlebih dahulu dikonsultasikan dengan penulis.

2.     Penyiapan Naskah dan Gaya Selingkung

Penulis harus mengisi persetujuan-persetujuan pada saat akan mengirimkan artikelnya ke jurnal, seperti:

  1. Ethics Statement yang berisi penyataan bahwa artikel yang dikirim belum pernah diterbitkan atau sedang dalam proses review di jurnal lain,
  2. Copyright Statement yang berisi pernyataan bahwa penulis menyerahkan hak ciptanya ke jurnal dan artikel telah mengikuti format penulisan jurnal, dan informasi lainnya
  3. Authorship Agreement yang berisi pernyataan bahwa para penulis setuju dengan urutan nama penulis dalam naskah yang dipublikasikan.

Persetujuan ini akan muncul pada saat awal penulis akan mengirimkan artikelnya. Penulis akan diminta untuk mengunggah ketiga persetujuan tersebut pada bagian supplementary file dan mencentang semua informasi yang disyaratkan sebagai bentuk persetujuan penulis dengan aturan yang diterapkan oleh pengelola jurnal.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun
  2. File naskah tersedia dalam format dokumen Microsot Word
  3. Jika tersedia, harap URL referensi dicantumkan.
  4. Tulisan spasi 1, huruf TNR 12, semua gambar, tabel ditempatkan di dalam teks sesuai dengan penjelasannya.
  5. Cara penulisan sumber referensi harap mengikuti Author Guidelines, yang bisa dilihat di bagian About Jurnal.
  6. Jurnal ini menggunakan Double Blind Review, silahkan anda bisa membaca petunjuknya di bagian Ensuring a Blind Review
  7. Penulis harus unduh form Persetujuan Penulisan; Pernyataan Etika dan CTA, lalu diisi dan ditanda tangan kemudian diupload lagi.
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam jurnal ini hanya akan digunakan untuk kepentingan jurnal dan tidak akan digunakan oleh pihak lain dengan tujuan apapun.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 0.00 (IDR)
Penulis tidak perlu membayar publikasi artikelnya