ANALISIS PENGARUH KECUKUPAN MODAL, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Medina Almunawwaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva Produktif dan Likuiditas terhadap Kinerja (ROA). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Umum Syariah (BUS) periode 2014-2016. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan bulanan Bank Umum Syariah (BUS) pada website Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Kecukupan Modal dan Likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, sedangkan Kualitas Aktiva Produktif berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA. Berdasarkan hasil perhitungan, Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva Produktif, dan Likuiditas memiliki arah yang berbeda dengan hipotesis yang diajukan.


Keywords


Kinerja, Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva Produktif, Likuiditas

References


Bank Indonesia. Laporan Keuangan Tahun 2014-2016. http://www.bi.go.id.

Dewi, Dhika Rahma. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. Semarang: UNDIP.

Febrianty. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva Produktif (KAP) dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Bank Umum Nasional yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2011). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), Vol. 3 No. 3.

Furi, Shintia Tri. 2005. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Sektor Perbankan di Indonesia tahun 2001-2003â€. Semarang :UNDIP

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Javaid, Saira., Jamil Anwar, Khalid Zaman dan Abdul Gafoor. 2011. Determinants of Bank Profitability In Pakistan: Internal Factor Analysis. Mediterranean Journal of Social Science. Vol. 2 No. 1.

Olweny, Tobias dan Themba Mamba Shipo. 2011. Effects of Banking Sectoral Factors on Profitability of Comeercial Banks in Kenya. Economics and Finance Review, 1 (5).

Otoritas Jasa Keuangan. Laporan Keuangan Tahun 2014-2016. http://www.ojk.go.id.

Peraturan Bank Indonesia No. 9/13/PBI/2007 Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank Umum Dengan Memperhitungkan Risiko Pasar

Peraturan Bank Indonesia Nomor 10/15/PBI/2008 Tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank Umum

Riyadi Slamet dan Yulianto Agung. 2014. Pengaruh Pembiayaan bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli, Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Accounting Analysis Journal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sabir, Muh. Muhammad Ali dan Abd. Hamid Habbe. 2012. Pengaruh Rasio Kesehatan terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia. Jurnal Analisis, Juni 2012, Vol.1 No.1.

Setiawan, Adi. 2009. “Analisis Pengaruh Faktor Makro Ekonomi, Pangsa Pasar, dan Karakteristik Bank Terhadap Profitabilitas Bank Syariahâ€. Semarang: UNDIP

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS, Contoh Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta: Andi.

Surat Edaran Bank Indonesia No.6/23/DPNP 31 Mei 2004. Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 3/30/DPNP tanggal 14 Desember 2001. Lampiran Pedoman Perhitungan Rasio Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

UU Nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 Oktober 1998, tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.




DOI: https://doi.org/10.37058/jak.v12i1.296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL AKUNTANSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi by Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak.

Jurnal Akuntansi Visitor Counter JAK Stats