PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (SURVEI PADA DINAS DAERAH KOTATASIKMALAYA)

Iwan Hermansyah, Rani Rahman, Maman Suherman

Abstract


Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui : (1) Penerapan Akuntabilitas, Transparansi dan Kualitas Pelayanan Publik, (2) Hubungan  Akuntabilitas dengan  Transparansi, (3) Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi secara parsial terhadap Kualitas Pelayanan Publik.(4) Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi secara simultan l terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan survei. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji t dan secara simultan dengan menggunakan uji F dengan tingkat signifikan (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Akuntabilitas, Transparansi dan Kualitas Pelayanan .Publik telah dilaksanakan dengan baik. (2) Hubungan antara akuntabilitas dengan transparansi mempunyai hubungan yang positif dan signifikan , (3) Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik, (4) Pengaruh akuntabilitas dan transparansi  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik.


Keywords


Akuntabilitas, Transparansi, Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Achmad Bachrudin, Harapan L. Tobing. (2003). Analisis Data Untuk Penelitian Survei Dengan Menggunakan Lisrel 8. FMIPA. Unpad Bandung.

Archon Fung, Mary Graham, dan David Weil. (2005). Full Disclosure: The Perils and Promise of Transparency. New York: Cambridge University Press.

AUSAID (Australian Assistance for International Development). (2006). Good Governance: Guilding Principles for Implementation.

Dwiyanto, Agus. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fiszbein, Aril. (2005). Politicians and Providers: The Latin American Experience With Service Delivery Reform. Wachington Dc : The World Bank (ISBN 978-8213-6089-7).

Husein, Umar. (2000). Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim, Amin. (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Indriantoro dan Sutomo. (2002). Metode Penelitian Bisnis untuk Manajemen dan Akuntansi. Jogjakarta: BPFE.

Jusman, Iskandar. (2001). Metode Penelitian Sosial. Garut: Unigal.

Klaus Deininger dan Paul Mpuga. (2004). Does Greater Accountability Improve the Quality of Delivery of Public Services Evidence from Uganda.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/26/M.PAN/2/2004.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 81 Tahun 1993 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum.

Kusnaedi. (2005). Analisis Jalur dan Aplikasi dengan Program SPSS dan LISREL 8.Jurusan Pendidikan Ekonomi (JPE). PFIPS: Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Lukman, Sampara. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Lolina Lalolo Krina P. (2003). Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nogi Tangkilisan, Hassel. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.

Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 6 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kota Tasikmalaya.

Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2003 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah, Dinas Daerah merupakan bagian dari perangkat daerah yang berperan sebagai unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten/Kota.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2005). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter, dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Somantri, Ating dan Sambas Ali Muhidin. (2006). Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

_______. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistoni, G. (2003). Fiqh Korupsi: Amanah Vs Kekuasaan. Nusa Tenggara Barat: SOMASI.

Syadat Hasibuan, Muhammad Umar. (2008). Revolusi Politik Kaum Muda. Jakarta

Tjiptono, Fandy, 2004. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Andi Offset

Uma, Sekaran. 2006. Research Method for Bussines. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Widodo, Joko. (2001). Good Governance, Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi. Surabaya: Insan Cendekia




DOI: https://doi.org/10.37058/jak.v13i1.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL AKUNTANSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi by Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak.

Jurnal Akuntansi Visitor Counter JAK Stats