ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOMES

Aziz Zulhakim, Yeni Heryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik berdasarkan taksonomi Structure of The Observed Learning Outcomes (SOLO), serta kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif  deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara dengan teknik think aloud. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan purposive. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada langkah memahami, semua subjek dapat memahami masalah tetapi tidak tertulis secara lengkap dalam lembar jawaban. Pada langkah merencanakan strategi pemecahan masalah, S-1, S-2, S-3 dan S-4 dapat melakukannya dengan baik. S-1 dapat digolongkan ke dalam level unistructural. Pada langkah melaksanakan perhitungan S-2 melakukan perhitungan dengan konsep yang salah dan S-4 melakukan perhitungan dengan baik dan benar. S-2 dapat digolongkan ke dalam level multistructural. Sedangkan S-3 dapat digolongkan ke dalam level relational. Sedangkan pada langkah memeriksa kembali kebenaran hasil atau solusi S-4 sudah mampu memeriksa kembali hasil atau solusi yang diperoleh dilangkah sebelumnya, yaitu dengan cara atau konsep yang berbeda. S-4 dapat digolongkan ke dalam level extended abstrack. Kesulitan peserta didik pada level unistructural yaitu kesulitan konsep dan prinsip dan level multistructural dan relational mengalami kesulitan prinsip. Sedangkan level extended abstrack tidak mengalami kesulitan apapun.


Full Text:

PDF

References


Hartono Y 2014 Matematika strategi pemecahan masalah (Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu)

Mulyani M & Muhtadi D 2019 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau Dari Gender Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 11(2) 1-16

Appulembang O D 2017 Profil pemecahan masalah aljabar berpandu pada taksonomi SOLO ditinjau dari gaya kognitif konseptual tempo siswa SMA Negeri 1 makale tana toraja A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT 13(2) 133-149

Hendriana H, Rohaeti E E & Sumarmo U 2017 Hard skills dan soft skills Matematik Siswa (Bandung: PT. Refika Aditama)

Supratman 2019 The role of conjecturing via analogical reasoning in solving problem based on Piaget’s theory Journal of physics: Conference Series 1157 032092

Rumasoreng M I & Sugiman 2014 Analisis kesulitan matematika siswa SMA/MA dalam menyelesaikan soal setara UN di kabupaten maluku tengah Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(1) 22-34

Lahinda Y & Jailani 2015 Analisis proses pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(1) 148-161

Azizah F R, Hobri & Indah K A 2015 Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO pada sub pokok bahasan balok siswa kelas VIII-H SMP Negeri 7 jember Artikel Ilmiah Mahasiswa 1(1) 1-7

Tias A A W & Wutsqa D U 2015 Analisis kesulitan siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(1) 28-39

Sugiyono 2017 Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Moleong L J 2014 Metodologi penelitian kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Charter E 2003 The Use of Think-aloud Methods in Qualitative Research An Introduction to Think-Aloud Methods Brock Education Journal 12(2) 68-82

Nuroniah M, Rochmad & Wijayanti K 2013 Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah dengan Taksonomi SOLO Unnes Journal of Mathematics Education 2(2) 55-63




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1298

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal