ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MATEMATIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SILVER DAN HANSON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan penalaran induktif matematik peserta didik ditinjau dari gaya belajar mastery learning, gaya belajar self-expressive learning, gaya belajar interpersonal learning, dan gaya belajar understanding learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan penalaran induktif matematik, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yakni lembar angket gaya belajar, soal tes kemampuan penalaran induktif matematik, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Tasikmalaya, subjek penelitian ini terdiri dari 4 peserta didik yang masing-masing gaya belajar mastery learning, self-expressive learning, interpersonal learning, dan understanding learning yang diambil dari kelas VIII-H. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) mastery learning mampu penalaran transduktif, menggunakan pola hubungan, memperkirakan jawaban, memberi penjelasan, penalaran generalisasi, dan penalaran analogi, (2) self-expressive learning mampu penalaran transduktif, menggunakan pola hubungan, memperkirakan jawaban, memberi penjelasan, penalaran generalisasi, penalaran analogi, (3) interpersonal learning mampu penalaran transduktif, menggunakan pola hubungan, memberi penjelasan, penalaran analogi, tidak mampu memperkirakan jawaban, dan tidak mampu penalaran generalisasi, dan (4) understanding learning penalaran transduktif, menggunakan pola hubungan, penalaran generalisasi, penalaran analogi, tidak mampu memperkirakan jawaban, dan tidak mampu memberi penjelasan.
Full Text:
PDFReferences
Ratnaningsih N, Akbar E E R & Hidayat E 2018 Effect of chronotype and student learning time on mathematical ability based on self-regulated learning Journal of Physics: Conference Series 1013 (2018) 012141 doi: 10.1088/1742-6596/1013/1/012141
Ratnaningsih N, Hermanto R, Kurniati N S 2019 Mathematical Communication and social skills of the students through learning assurance relevance interest assessment and satisfication Journal of Physics: Conference Series 1360 (2019) 012032 doi:10.1088/1742-6596/1360/1/012032
Polya G 1973 How To Solve It (New York: Doubleday Anchor Books) https://math.hawaii.edu/home/pdf/putnam/PolyaHowToSolveIt.pdf
Vince M 2011 Reasoning in every day life https://pdfs.semanticscholar.org/7b55/9b4a273a80dcea48915d0f88538ed5d54e35.pdf
Haverty L A, Koedinger K R, Klahr D & Alibali M W 2000 Solving inductive reasoning problems in mathematics: Not-so-trivial pursuit Cognitive Science 24(2) 249-298 http://dx.doi.org/10.1016/S0364-0213(00)00019-7
Azizah S D 2018 Kemampuan Penalaran Induktif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Akademis Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas Viii C Mts Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2017/2018 Institut Agama Islam Negeri http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8523/
DePorter B dan Hernacki M 2000 Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Bandung: Penerbit Kaifa)
Silver H F, Hanson R J 1996 Learning Styles & Strategies Thoughtful Education Press http://www.allen.kyschools.us/Downloads/Learning%20Styles.pdf
Golden J 2010 Mathematical Learning Inventory https://www.scribd.com/doc/38530677/Math-Learning-Inventory-Adapted
Sugiyono 2017 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta)
Strong R W, Thomas E, Perini M, & Silver H 2004 Creating a differentiated mathematics classroom Improving Achievement in Math and Science 61(5) 73-78 http://www.ascd.org/publications/educational-leadership/feb04/vol61/ num05/Creating-a-Differentiated-Mathematics Classroom.aspx
Silver H F, Brunsting J R, Walsh T, Thomas E J 2012 Math Tools, Grades 3-12 (California: Corwin Press) https://www.corwin.com/sites/default/files/upm-binaries/19562_Chapter_1.pdf
Silver H F, Strong R W, Perini M J 2007 The Strategic Teacher: Selecting the Right Research-Based Strategy for Every Lesson (New York: ASCD)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :