PROSES BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir kritis peserta didik yang berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dilengkapi wawancara tidak terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada tahap klarifikasi peserta didik belum memahami informasi dengan baik, sehingga di tahap selanjutnya tidak menuliskan informasi secara lengkap dan belum mampu mengerjakan soal dengan baik dan lengkap. Pada tahap asssemen peserta didik hanya menuliskan beberapa informasi yang relevan ataupun pertanyaan yang ada dalam soal dan juga belum memberikan alasan yang jelas bahwa informasi yang diperoleh relevan, tahap inferensi peserta didik tidak menuliskan ataupun menjelaskan secara detail ketika diwawancarai mengenai langkah-langkah penyelesaian yang digunakan namun dapat menjelaskan hubungan tiap informasi, dan tahap terakhir adalah tahap strategi di mana peserta didik belum mampu mengerjakan soal secara sistematis dan tidak sesuai dengan langkah yang dijelaskan pada saat wawancara karena pada klarifikasi peserta didik belum mampu memahami permasalahan dengan baik.
Full Text:
PDFReferences
Purnamasari I A, Pramudya I & Kurniawati I 2017 Analisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan soal cerita materi persamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak ditinjau dari minat belajar matematika siswa kelas X semester II SMAN 1 Klaten tahun ajaran 2016/2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) 1(2) 57—73
Cahyono B 2015 Korelasi pemecahan masalah dan indikator berpikir kritis Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA 5(1) 15—24
Agustina R & Farida N 2015 Proses berpikir siswa SMK dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Phlegmatis. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 4(1) 1—8
Jacob S M & Sam H K 2008 Measuring critical thinking in problem solving through online discussion forums in first year university mathematics Proceeding of the International Multi Conference of Engineers and Computer Scientists 1 19—21
Lestari S & Wijayanti P 2013 Proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika open ended ditinjau dari kemampuan matematika siswa dan perbedaan jenis kelamin pada materi kubus dan balok MATHEdunesa 2(3)
Kosasih N Z, Supratman & Hermanto R 2018 Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi aljabar berdasarkan teori Jean Piaget (Penelitian pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 30 Kota Tasikmalaya) JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika 4(1) 35—46
Enright B B & Beattie S A 1992 Assessing critical thinking in mathematics. DIAGNOSTIQUE 17(2) 137—144
Snyder L G & Snyder M J 2008 Teaching critical thinking and problem solving skills The Delta Pi Epsilon Journal 1(2) 90—99
Rodzalan S A & Saat M M 2015 The perception of critical thinking and problem solving skill among Malaysian undergraduate students Procedia: Social and Behavioral Sciences 172 725—732
Lahinda Y & Jailani 2015 Analisis proses pemecahan matematika siswa sekolah menengah pertama Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2 148—161
Zivkovi S 2016 A model of critical thinking as an important attribute for success in the 21st century Procedia: Social and Behavioral Sciences 232 102—108
Muhtadi D, Supratman & Hermanto R 2019 The students’ mathematical critical thinking process reviewed from the cognitive style Journal of Physics: Conference Series 1188 012082
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung, Indonesia: Alfabeta)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :