KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI KEMATANGAN BERPIKIR MATEMATIS

Dodi Fermansyah, Aripin Aripin, Supratman Supratman

Abstract


Kematangan berpikir matematis adalah suatu proses yang terus tumbuh dan berkembang dari setiap pribadi seseorang. Kematangan berpikir matematis ini dapat dilihat dari kemampuan logika matematika yang kuat, tahu bagaimana membaca, menganalisis, dan mempelajari argumen yang tepat, serta tahu bagaimana menyusun dan menulis argumen yang tepat. Dan kemampuan inilah sebenarnya yang menjadi indikator sejauh mana tingkat kematangan dalam berpikir matematis yang dimiliki seseorang. Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana sebenarnya kematangan berpikir matematika seorang siswa hubungannya dengan kemampuan dalam melakukan pemecahan masalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII di salah satu SMK di Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki 7 paket keahlian. Dimana pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dimana pengambilan sampel didasarkan pada pertimbangan hasil belajar pada semester sebelumnya dan pertimbangan dari guru yang mengajar di kelas bersangkutan.Hasil yang didapat menunjukkan kematangan berpikir matematis siswa dapat dilihat dari bagaimana siswa menyelesaikan suatu masalah serta siswa yang memiliki kematangan berpikir matematis yang baik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik pula.


Full Text:

PDF

References


Krantz S G 2012 A Mathematician Comes of Age (US: Mathematical Association of America)

Steen L A 1985 Developing Mathematical Maturity Makalah yang disajikan dalam “The Future College Mathematics, Proceeding of a Conference/Workshop on The Fisrt Two Years of College Mathematics” (New York: Springer – Verlag)

Ashman A F & Robert N F C 1989 Cognitive Strategies for Special Editio (London: Routhledge)

Schoenfeld & Alan H 1985 Mathematical Problem Solving (University of California. Berkeley: Academic Press Inc)

Shadiq F 2004 Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur / Pengembangan Matematika SMA jenjang dasar tanggal 6 s.d 19 Agustus 2004 di PPPG Matematika Yogyakarta

Jacobs C 1998 Mengajar Pemecahan Masalah dalam Matematika Makalah disajikan pada Seminar Nasional: Upaya-upaya meningkatkan peran pendidikan matematika dalam menghadapi era globalisasi, perspektif pembelajaran alternatif kompetitif (Program Pascasarjana IKIP Malang, 4 April 1998)

Sumarmo U 1987 Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar (Disertasi pada PPS IKIP Bandung)

Dahar R W 1989 Teori-teori Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Erlangga)

Sumarmo U 1994 Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMP Laporan Penelitian pada Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Bandung

NCTM 2000 Principles Ana Standards for School Mathematics (Virginia: The National Council of Theacher of Mathematics Inc)

Sumarmo U 2010 Berpikir dan Disposisi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada peserta didik (Bandung: FPMIPA UPI)

Fung, M.G dan Roland, L 2004 Writing, Reading, Ana Assesing in an Elementary Problem Solving Class ProQuest Eduacation Journal XIV 289 – 302

Poole T G & Szymankiewicz J Z 1997 Using Simulation to Solve Problem (England: Mc Graw Hill)

Polya G 1985 How To Solve It (New Jersey: Princeton University Press)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Statcounter:

Indexed by :

Moraref One Search