ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN NEWMAN

Sinta Silvia, Supratman Supratman, Sri Tirto Madawistama

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Newman.  Metode  penelitian yang  digunakan  adalah  eksplorasi.  Penelitian  ini mendeskripsikan kesalahan  peserta  didik  dan  penyebab  terjadinya kesalahan  tersebut.  Subjek  penelitian  sebanyak  3 orang  dipilih  secara  purposive berdasarkan pertimbangan hasil tes peserta didik yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel.  Pengumpulan data yang  digunakan berupa soal cerita pemecahan masalah dan  wawancara  dengan  teknik  think aloud.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa peserta didik melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah,  penyebabnya yaitu kurangnya kemampuan dalam memahami masalah yang pertama kali ditemui, mengabaikan menuliskan unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap transformasi,  penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman mengenai model matematika, tidak terbiasa membuat model matematika dari kalimat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, tidak teliti dalam membuat persamaan, bingung untuk membuat pemisalan ke dalam bentuk variabel, kurang memahami soal, kurang belajar dan kurang menangkap informasi dari guru. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses, penyebabnya yaitu tidak tahu langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan, tidak mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat, kurangnya pemahaman mengenai materi, kurang berlatih menyelesaikan soal cerita. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap penarikan kesimpulan, penyebabnya yaitu tergesagesa ingin mengumpulkan jawaban, kurang teliti, tidak menemukan hasil akhir, dan kurang menangkap informasi dari guru, kesimpulan akhir tidak tepat karena melakukan kesalahan pada langkah sebelumnya, dan tidak mampu menunjukan jawaban akhir dari penyelesaian soal.

 

Kata Kunci: Kesalahan Peserta didik, Pemecahan Masalah, Analisis Newman


Full Text:

PDF

References


Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods) (Bandung: Penerbit Alfabeta)

Wahbi A & Bey A 2015 Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar ditinjau dari objek matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kendari Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 3(1) 17-30

Karnasih I 2015 Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problem) Jurnal PARADIKMA, Vol 8; Nomor 1, April 2015

Umam Dliwaul, M. (2014) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. Mathedunesa, 3(3).

Lubis Sri Delina et al 2015 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Jurnal Paradikma 8(3)

Ratnaningsih N dan Hartini S 2016 Implementasi Model Problem Based Learning Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Peserta Didik, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematik. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.

Clement M N 1980 Analysing Children’s Error on Mathematical Task. Education Studies in Matematika.

Zulfah 2017 Analisis Kesalahan peserta didik pada materi persamaan linear dua variabel di kelas vii MTs negeri sungai tonang Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1) 12-16

Sugiyono 2017 Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Bandung: Penerbit Alfabeta)

Moleong L J 2014 Metodologi penelitian kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Penerbit Alfabeta)

Abadi R M D, Jahandar S, Khodabandehlou M & Seyedi G 2012 The Think−aloud Method in EFL Reading Comprehension

International Journal of Scientific & Engineering Research 3(9) 1−9

Sugiyono 2015 Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Bandung: Penerbit Alfabeta)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i2.1748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal