ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA PENILAIAN TAKSONOMI TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY 2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal Ujian Nasional matematika SMP tahun ajaran 2018/2019 berdasarkan domain konten dan kognitif taksonomi TIMSS 2019 serta menganalisis perbedaan antara soal Ujian Nasional dengan soal TIMSS. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah soal Ujian Nasional matematika SMP tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan instrumen lembar analisis butir soal. Teknik untuk menganalisis data meliputi mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) butir soal Ujian Nasional matematika SMP tahun 2018/2019 berdasarkan domain konten taksonomi TIMSS 2019, domain bilangan dengan proporsi 25% tidak sesuai karena kurang dari TIMSS 2019 namun lingkup materi sesuai, domain aljabar dengan proporsi 32,5% kurang ideal karena melebihi TIMSS 2019 dan lingkup materi tidak sesuai, domain geometri dengan proporsi 27,5% kurang ideal karena melebihi TIMSS 2019 dan lingkup materi tidak sesuai, dan domain data dan probabilitas dengan proporsi 15% tidak sesuai karena kurang dari TIMSS 2019 namun lingkup materi sesuai. 2) butir soal Ujian Nasional matematika SMP tahun 2018/2019 berdasarkan domain kognitif taksonomi TIMSS 2019, domain pengetahuan dengan proporsi 40% melebihi TIMSS namun persebaran aspek kognitif merata, domain penerapan dengan proporsi 40% sesuai dengan TIMSS dan persebaran aspek merata, dan domain penalaran dengan proporsi 20% kurang dari TIMSS dan persebaran aspek kognitif tidak merata. Selain itu terdapat tiga kategori perbedaan soal Ujian Nasional dengan soal TIMSS: 1) domain kognitif soal UN lebih rendah dari pada soal TIMSS; 2) domain kognitif soal UN lebih tinggi dari pada soal TIMSS; 3) domain kognitif soal UN setara dengan soal TIMSS.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :