PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Endan Muldani, Nurul Anriani, Abdul Fatah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar matematika yang berorientasi pada Penguatan Pendidikan Karakter pada materi Barisan dan Deret yang valid. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang meliputi tujuh langkah pokok, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi (perbaikan) desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian berupa buku ajar matematika yang berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter pada materi Barisan dan Deret sangat valid. Kevalidan buku ajar diperoleh berdasarkan data dari angket penilaian para ahli, yaitu ahli materi, ahli pendidikan, dan ahli media. Penilaian ahli materi mencapai kategori sangat baik, ahli pendidikan mencapai kategori sangat baik, dan ahli media mencapai kategori sangat baik. Sedangkan keterbacaan dan kepraktisan buku ajar diperoleh dari data angket penilaian siswa yang hasilnya mencapai kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika yang berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter pada materi Barisan dan Deret layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Lestari I 2013 Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi (sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan) (Jakarta: Akademia)

Prastowo A 2014 Pengembangan bahan ajar matematika-tinjauan teoritis dan praktek (Jakarta: Kencana)

TIM PPK Kemendikbud 2017 Modul pelatihan penguatan pendidikan karakter (Jakarta: Kemdikbud)

Fitriah N 2015 Implementasi model pembelajaran matematika berintegrasi keislaman dalam meningkatkan karakter demokratis siswa (Skripsi: Jurusan Tadris Matematika IAIN Syeh Nurjati Cirebon)

Sugiyono 2017 Metode penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Statcounter:

Indexed by :

Moraref One Search