KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PKBM CITATAH ENDAH BANDUNG BARAT

Wawan Hardiyanto, Babang Robandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi pedagogik tutor PKBM Citatah Endah dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajarnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, di mana data yang diperoleh berasal dari wawancara dengan narasumber, observasi dan kajian dokumentasi. Sementara yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala PKBM, tutor PKBM dan para warga belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik tutor dalam perencanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat draft RPP, namun sebagian tutor tidak membawa RPP pada saat proses belajar mengajar berlangsung sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal; (2) Kompetensi pedagogik tutor dalam proses pembelajaran dilakukan dengan mendalami dan memantapkan sejumlah materi pembelajaran sebagaimana terdapat dalam buku paket, adapun dalam proses pembelajaran terdapat pengelolaan kelas yang kurang baik dan pemanfaatan waktu yang kurang disiplin; dan (3) Kompetensi pedagogik tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar dilakukan dengan memberi kesempatan kepada warga belajar untuk terlibat aktif dalam menggunakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi dalam pencapaian tujuan pembelajaran, berkomunikasi secara efektif dengan warga belajar, dan melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B., 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

--------------------, 2010. Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

--------------------, 2008. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Engkoswara dan Aan Komariah, 2011. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O., 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

--------------------, 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harun, C. Z., 2010. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yogyakarta: Pena Persada.

Margono, S., 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E., 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S., 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problemetika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sudjana dan Ibrahim, 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N., 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B., 2009. Profesi Keguruan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, U., 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944