Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Ketelitian dan Ketrampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas 1 SD

Siska Estri Pangestika, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, Albertus Saptoro

Abstract


Salah satu masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 SD adalah kesulitan siswa dalam menulis deskriptif yang baik dan benar. Dalam menulis terdapat suatu proses yang rumit. Oleh karena itu, diantara sikap yang harus dimiliki siswa dalam menulis adalah sikap ketelitian dan keterampilan. Dengan berkembangnya sikap ketelitian, maka ketrampilan menulis juga akan ikut berkembang. Penggunaan model Cooperative Learning tipe picture and picture diharapkan dapat meningkatkan ketelitian dan ketrampilan dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas 1 SD Kanisius Demangan Baru. Untuk itu, dilakukan penelitian terhadap siswa kelas kelas I  SD Kanisius Demangan Baru dengan  jumlah  17 siswa, terdiri dari 8 siswa perempuan  dan  9 siswa  laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari tahap rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk data lembar observasi siswa dan guru serta deskriptif kuantitatif untuk mengukur tingkat keterampilan dan ketelitian menulis deskripsi dengan membandingkan hasil nilai sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh presentase untuk ketelitian menulis deksripsi 65% dan ketrampilan menulis deskripsi 71%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase untuk ketelitian menulis deskripsi mencapai 82% dan ketrampilan menulis deksripsi mencapai 80%. Kesimpulan hasil penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture sangat baik diterapkan di kelas I SD karena terbukti dapat meningkatkan ketelitian dan ketrampilan menulis deskripsi.

Keywords


Ketelitian dan Ketrampilan Menulis Deskripsi; Model Picture and Picture

Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Halidjah, S., & Marli, S. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22536

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dayanti, R. W. (2014). Pengaruh komunikasi interpersonal, ketelitian (conscientiousness) dan kepuasan kerja terhadap kinerja kepala sekolah paud di medan deli. Jurnal Pendidikan Dan Pengawasan, 2(2), 55–70. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpdk/article/view/7960

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., & Widyanti, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Geografi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34(1), 19–28. http://dx.doi.org/10.21009/PIP.341.3.

Gaffar, A. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Bio Education, 3(April), 10–21. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/854.

Heriyanto. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 10–18. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/52.

Husniatun. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 A SDN 03/IX Senaung. Jurnal Literasiologi, 3, 69–81. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.95.

Khalim, A. R., & Oktapiani, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Akademika, 9(01), 109–126. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.814

Putri, B. F. (2019). Penerapan Picture And Picture Dalam Prestasi Belajar IPA dan Keaktifan Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 75–78. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4713.

Rani, R. M., Mustyka, O., & Wahyuningsi, E. (2018). Pengembangan LKS Bahasa Indonesia Metode Picture And Picture Pada Materi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bonjol. 1–13. http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/86

Sari, V. O. (2018). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMAN 4 Kotabumi. Parataksis Jurnal Bahasa Sastra, 1(1). https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/852871

Septaningsih, Yulina, & Sudirman, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pedagogi, 8(2), 1–13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16355

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Situmorang, T. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Siswa Kelas V SDN 163097 Kota Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2017/2018. ESJ (Elementary School Journal), 9(2), 159–169. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/14327.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sukmawati, N. M. I., Dantes, N., & Dibia, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 198–206. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19390/11461

Suparman. (2018). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo Volume, 4, 121–137. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1654049

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wanggai, F. F. I., & Doi, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dan Think-Pair-Share Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 294–308. http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1370

Wiyati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(April), 88–95. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5357.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siska Estri Pangestika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: