Pengaruh Google Classroom Berpadu Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Titing Suartini, Abang Iwan

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran daring pada kondisi pandemi Covid-19 menjadi salah satu alternatif di tengah penerapan kebijakan pemerintah untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19. Pembelajaran daring tentunya memiliki keterbatasan dibandingkan dengan pembelajaran luring, yaitu terbatasnya komunikasi dan instruksi yang diberikan oleh guru, serta interaksi yang terbatas antara guru dengan peserta didik. Oleh karena itu diperlukan suatu pemecahan masalah untuk mengatasi berbagai keterbatasan pada pelaksanaan pembelajaran daring, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran double loop problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Google Classroom berpadu model pembelajaran double loop problem solving terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di Kelas IX MTs Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 sampai dengan bulan November 2020 di MTs Negeri 8 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX MTs Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak dua kelas, dengan jumlah sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, dengan kelas IXB sebagai kelas eksperimen dan kelas IXA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik pada konsep perkembangbiakan tumbuhan berbentuk pilihan majemuk sebanyak 30 soal dengan empat options. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran double loop problem solving (DLPS) terhadap hasil belajar siswa pada konsep Perkembangbiakan Tumbuhan di kelas IX MTs Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords


Google Classroom; Double Loop Problem Solving (DLPS); Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Alimah, A. D., & Putra, R. R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Mobile Menggunakan Aplikasi “Sistem Kehidupan Vertebrata (3)†terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi. Bioedusiana, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.34289/277902

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Ayun, Q. (2020). Pilihan Strategi dalam Pembelajaran yang Efektif di Era New Normal. BDK Surabaya Kementerian Agama RI.

C., B. D., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., & Rahman, H. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28–37.

Daryanes, F., & Fauza, N. (2020). Peningkatan Self Regulation Mahasiswa melalui Strategi Perkuliahan “Students as Researchers†berbasis Online Learning. Bioedusiana, 5(2), 131–144. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2246

Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 336–342.

Fatmala, R. ., Dwijananti, P., & Astuti, B. (2017). Penerapan Model Double Loop Problem Solving Menggunakan Detektor Geiger Muller untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. USEJ: Unnes Science Education Journal, 5(3), 1388–1395. https://doi.org/10.15294/usej.v5i3.13169

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. [Online] Tersedia:http://www.physics.indiana.edu/nsdi/AnalyzingChange-Gain.pdf [Diakses 25 Februari 2021.

Handayani, P.H., Fransisca, S.T., & Ana, R.W. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual Invertebrata. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1): 13–19.

Harahap, D. A. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Menangani Pandemi Covid-19 dan Tren Pembelian Online. Radar Bandung, 9(April), 1–5. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22535.34723

Jamilah. (2020). Guru Profesional di Era New Normal: Review Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238–247. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Kusmiati, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Artimatika Sosial melalui Model Double Loop Problem Solving di Kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi Tahun Pelajaran 2017/2018. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 55–65.

Mas’ad, Nizaar, M., & Putra, A. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2015-2016. Paedagoria, 14(2), 73–77.

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7), 639–648. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569.

Nugroho, M. R., & Hadiwinarto. (2020). Evaluasi Strategi Pembelajaran pada Era New Normal di SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 303–316. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i2.3862

Pramana, I. K. A. I., Suharta, I. G. P., Si, M., & Parwati, N. N. (2014). Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika, 2(1).

Priyatna, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rahayu, S. T., Kholillah, & Nuraini, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan. Didaktika Biologi:Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 59–72.

Ramadhana, L. R., & Amalia, R. (2018). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. EDU-MAT, 6(2), 210–217.

Ratnawati, H., & Sulisworo, D. (2021). Efektivitas E-Learning Berbasis LMS Google Classroom dengan Strategi Discovery Learning Materi Fluida Statis SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(2), 137–145. https://doi.org/10.36709/jipfi.v6i2.17162

Ristyawati, A. (2020). Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 240–249. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.240-249

Sa’adah, N. (2020). Pembelajaran Daring yang Interaktif di Era New Normal. ABIDUMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36–40. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v1i2.990

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik, & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21–32. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i1389

Thorik, S. H. (2020). Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. Adalah : Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 115–120.

Utari, W., Hikmawati, V. Y., & Gaffar, A. A. (2020). Blended Learning: Strategi Pembelajaran Alternatif di Era New Normal. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0,†262–269.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Titing Suartini, Abang Iwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: