Editorial Policies

Focus and Scope

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu dan kajian Ekonomi Pembangunan. Artikel-artikel yang dipublikasikan di WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas).

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi diterbitkan oleh Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya secara periodik dua kali dalam setahun yakni pada Bulan Mei dan Bulan November dalam setiap volume.

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi menerima manuskrip atau naskah artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa  Inggris, berkaitan dalam bidang kajian Ilmu Ekonomi Pembangunan dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti baik nasional maupun internasional.

Cakupan bidang kajian meliputi:

  1. Ekonomi Perencanaan
  2. Ekonomi Pembangunan
  3. Ekonomi Moneter
  4. Koperasi dan UMKM
  5. Ekonomi Publik
  6. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan
  7. Ekonomi Regional
  8. Ekonomi Pertanian
  9. Ekonomi Industri
  10. Ekonomi Perdagangan
  11. Ekonomi Pariwisata
  12. Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Kependudukan
  13. Ekonomi Internasional
  14. Ekonomi Syariah

Jurnal ini telah terdaftar pada Pusat Dokumentasi Ilmiah Indonesia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI) dengan Internasional Standard Serial Number (ISSN) media online 2723-2212 dan Internasional Standard Serial Number (ISSN) media cetak 2723-2220.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Pengantar Redaksi dan Daftar Isi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kebijakan Review WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi:

  1. Artikel-artikel yang dipublikasikan di WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi di-review oleh 2 orang mitra bestari.
  2. Review jurnal menerapkan sistem blind review.
  3. Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi dilakukan dengan sistem editorial dan reviewer juga dibantu dengan pengecekan pada www.turnitin.com dan www.duplichecker.com
  4. Terdapat empat (4)  rekomendasi yang dapat diberikan oleh revieweryaitu:
    1. Accept Submission. Menerima artikel tanpa ada revisi yang diberikan.
    2. Revision Required. Memberikan revisi tanpa harus melakukan review ulang. Setelah penulis merevisi naskah langsung dilanjutkan ke proses editing.
    3. Resubmit for Review. Memberikan revisi dan setelah penulis merevisi, naskah di review ulang.
    4. Decline Submission. Menolak tulisan karena kualitas tidak memenuhi syarat.
  5. Dalam melakukan review (penelaahan), reviewer mempertimbangkan: relevansi dan kebaruan topik, kontribusi/dampak/implikasi keilmuan, abstraksi, teoritisasi, metodologi, kesimpulan dan referensi.

 

Publication Frequency

Jurnal WELFARE diterbitkan 2 kali dalam satu tahun, yakni pada bulan Mei dan Bulan November.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Plagiarism Check & Reference Management

Penulis harus memastikan bahwa artikel yang diajukan adalah sepenuhnya asli, dan harus dikutip atau disitasi secara tepat jika penulis telah menggunakan penelitian dan/ atau kata-kata dari orang lain.

Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi dilakukan dengan sistem editorial dan reviewer juga dibantu dengan pengecekan pada Turnitin.

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi dalam penulisan sitasi dan Daftar Pustaka menggunakan Software Manajemen Referensi Mendeley.

 

 

Publication Ethics

WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi adalah jurnal peer-review yang dikelola oleh Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi. Pernyataan Etika Publikasi dan Pernyataan Malpraktek ini menyatakan perilaku etik dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan sebuah artikel di WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, termasuk di antaranya penulis, editor, ketua dewan redaksi, dewan redaksi, mitra bestari dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada pedoman COPE’s Best Practice Guidelines untuk editor sebuah jurnal. Penulis harus mengajukan izin etik penelitian yang dikeluarkan oleh komisi etik penelitian.

1. Pedoman Etik dalam Pulikasi Jurnal

Publikasi sebuah artikel dalam jurnal peer-review seperti WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi adalah sebuah unsur penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan. Hal ini merupakan refleksi langsung dari kualitas karya para penulis dan lembaga yang mendukung. Artikel peer-review berfungsi mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menyepakati standar etika publikasi bagi seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah penerbitan jurnal, baik penulis, editor, dewan redaksi, mitra bestari, penerbit dan masyarakat.

Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebagai lembaga penerbit WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi bertanggung jawab terhadap seluruh proses penerbitan dan menyadari penuh etika dan tanggung jawab yang berkaitan dengan proses tersebut. Selain itu, jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi dan Dewan Redaksi berupaya menjalin komunikasi baik dengan jurnal dan/atau penerbit lain bilamana diperlukan.

2. Keputusan-keutusan Publikasi

Editor WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi bertanggung jawab dalam menentukan artikel yang akan disetujui untuk sebuah penerbitan. Keputusan tersebut didasarkan pada kesesuaian dan esensi artikel bagi peneliti dan pembaca. Dalam memutuskan artikel yang akan diajukan, editor harus berpegang pada pedoman dan ketentuan hukum yang telah ditetapkan oleh Dewan Redaksi guna mencegah unsur pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Seorang editor dapat berunding dengan reviewer ataupun editor lain dalam membuat keputusan tersebut.

3. Kerahasiaan

Naskah yang terbit pada WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi sangat dijaga nilai informasinya, dimana para editor, dan reviewer tidak diperkenankan membuka banyak informasi tentang sebuah naskah yang sudah disampaikan kepada siapa pun dari penulis, reviewer, tim editorial, serta penerbit, tetapi hanya yang sesuai dan sewajarnya.

4. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan diungkapkan dalam sebuah naskah yang disampaikan tidak harus digunakan oleh banyak anggota dewan editor dan para reviewer dalam penelitiannya sendiri.

 

Tanggungjawab Editor

  1. Editor bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi. Editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penerimaan artikel, tim editor berasaskan pada asas kesamaan perlakuan.
  3. Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim editor tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  4. Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak akan digunakan oleh penelitian editor sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

 

Tanggungjawab Reviewer

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/ artikel yang masuk

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview.
  2. Review naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  4. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa plagiasi, dan manipulasi data.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak berkeberatan jika naskah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.

 

 Tanggungjawab Penerbit (Publisher)

  1. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebagai penerbit WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebagai penerbit WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebagai penerbit WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

 

 

Author Fees

Publikasi artikel pada WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi Rp. 0,-
Penulis tidak perlu membayar publikasi artikelnya.