Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for WELFARE?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Artikel yang diajukan pada Jurnal WELFARE harus mengikuti tata cara penulisan sebagai berikut:

1. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan pengajuannya dilakukan secara online melalui website Jurnal WELFARE. Pengajuan naskah artikel tidak dikenakan biaya. Penulis harus melakukan login terlebih dahulu.

2. Naskah artikel terdiri dari sekurang-kurangnya 2000 kata dan tidak melebihi 15 halaman termasuk gambar dan tabel, tanpa apendiks. File naskah harus berbentuk format Microsoft Office (.doc/.docx). Kertas yang digunakan berukuran A4 (21cm x 29.7cm) menggunakan margin dalam 2.5 cm dan margin atas, bawah dan luar berukuran 2 cm. Tidak perlu merubah nomor halaman pada article template yang telah disediakan karena nomor halaman akan disusun ketika proses penerbitan jurnal.

3. Judul dan abstrak harus ditulis dalam satu kolom sedangkan isi naskah ditulis dalam dua kolom Judul, Abstrak dan keyword ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

  • Judul naskah tidak lebih dari 15 kata, dengan ketentuan format title case, small caps, centered, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 16, spasi 1.
  • Abstrak tidak memuat gambar ataupun tabel, dalam format justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, spasi 1, tidak melebihi 250 kata.
  • Keywords terdiri dari 3-5 kata/prase, dipisahkan menggunakan koma, dalam format justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 10, spasi 1. Tulisan judul pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, saran/rekomendasi, ucapan terimakasih dan referensi menggunakan TNR 14 tebal, huruf kapital dengan 1 spasi atas dan bawah 6pt.

4. Isi Naskah Artikel

  • Teks utama dari naskah artikel harus ditulis dalam format dua kolom dengan ukuran colom spacing 1 cm, justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, indentasi baris pertama 5 mm, 1 spasi.
  • Naskah artikel dimulai dengan judul, abstrak dan kata kunci. Isi naskah terdiri dari: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Saran/ Rekomendasi diikuti oleh Ucapan Terima Kasih dan Referensi.

5. Heading hanya boleh dibuat sampai 3 level.

  • Heading Level 1

Heading 1: title case, left aligned, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 14, 1 spasi, menggunakan penomoran Romawi dengan titik.

  • Heading Level 2

Heading 2: title case, left aligned, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, 1 spasi, menggunakan penomoran dengan huruf Kapital diikuti dengan titik.

  • Heading Level 3

Heading 3: title case, left aligned, italic, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 11, 1 spasi, menggunakan penomoran dengan angka diikuti dengan tanda kurung tutup.

  • Heading 4 tidak diterima dalam penulisan naskah artikel.

6. Gambar dan tabel harus menggunakan warna hitam dan putih, jika dibuat dalam warna lain, harus dapat dipastikan bahwa gambar dan tabel dapat terbaca jelas ketika dicetak dalam warna hitam putih. Gambar dan tabel harus jelas terbaca dan dibuat dalam ukuran yang proporsional terhadap keseluruhan halaman. Judul gambar dan judul tabel harus menggunakan nomor, dengan font TNR ukuran 9 berspasi 1. Untuk memudahkan pengaturan tampilan artikel/layout, harap menyertakan gambar atau tabel dengan format .tif/.jpg/.jpeg dalam folder terpisah.

7. Persamaan Matematis ditulis dengan jelas, menggunakan urutan penomoran, dan dilengkapi dengan informasi yang diperlukan.

8. Naskah artikel tidak menggunakan nomor halaman termasuk header dan footer.

9. Semua hypertext links dan section bookmarks akan dihilangkan dari naskah artikel. Jika artikel anda merujuk pada alamat email atau URL, anda harus mengetikkan alamat email atau URL secara lengkap.

10. Sitasi dan referensi ditulis menggunakan software Mendeley dengan the American Psychological Association (APA) style. Penulis harus menjamin bahwa setiap referensi dalam artikel muncul dalam urutan referensi dan sebaliknya.

  • Wikipedia, personal blog/ blog pribadi seperti blogspot, atau website tidak ilmiah tidak diperkenankan digunakan sebagai rujukan artikel.
  • Referensi utama harus sekurang-kurangnya 80% dari sekurang-kurangnya 10 referensi.
  • Referensi harus menggunakan sumber terbaru sekurang-kurangnya 10 tahun terakhir.
11. Secara detail, tata cara penulisan naskah artikel dapat diunduh pada template yang telah disediakan.
12. Dewan redaksi berwenang untuk menolak naskah artikel berdasarkan alasan yang dinyatakan peer reviewer dan membuat perubahan-perubahan yang dibutuhkan ataupun penyesuaian terkait penggunaan bahasa tanpa merubah substansi naskah artikel.  Penyuntingan isi naskah akan terlebih dahulu dikonsultasikan dengan penulis.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun.

  2. File naskah tersedia dalam format dokumen Microsot Word doc, docx atau RTF
  3. Jika tersedia, harap URL referensi dicantumkan
  4. Tulisan spasi 1, TNR 12, semua gambar, tabel ditempatkan di dalam teks sesuai dengan penjelasannya.
  5. Jurnal ini menggunakan Double Blind Review, silahkan anda bisa membaca petunjuknya di bagian Ensuring a Blind Review
  6. Untuk melengkapi dokumen yang akan diunggah, penulis diharapkan untuk mengunduh, mengisi dan mengunggah kembali supplementary files yang mencakup:

    1. Authorship Agreement

    2. Copyright Statement

    3. Ethics Statement

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang didaftarkan pada jurnal ini akan digunakan secara terbatas semata-mata untuk proses penerbitan artikel ilmiah pada WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi dan tidak akan disebarkan kepada pihak lain yang tidak berkepentingan.