Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Kuantum

Asep Irvan Irvani, Nuryani Rustaman, Ida Kaniawati, Parlindungan Sinaga

Abstract


Mata kuliah fisika kuantum merupakan kelompok mata kuliah level atas yang sering kali dianggap sulit oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah fisika kuantum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif berdasarkan data hasil studi lapangan (field study) yang dilakukan di salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Garut. Partisipan yang terlibat diantaranya adalah satu orang dosen pengampu mata kuliah fisika kuantum dan 29 orang mahasiswa semester 7. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika kuantum menunjukkan adanya tingkat pemahaman yang bervariasi terhadap konsep-konsep fisika kuantum, dimana sebagian mahasiswa menemui kendala dalam memahami konsep yang lebih abstrak. Mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan pada fisika kuantum terutama dalam menggunakan persamaan matematika.

Keywords


Field study; fisika kuantum; kesulitan belajar

References


Alam, A. (2021). Possibilities and apprehensions in the landscape of artificial intelligence in education. 2021 International Conference on Computational Intelligence and Computing Applications (ICCICA), 1–8.

Amin, A., Pratitis, N. T., & Arifiana, I. Y. (2022). Orientasi masa depan dan minat melanjutkan studi Strata Dua (S2). INNER: Journal of Psychological Research, 2(1), 25–31.

Amiroh, D., Sibua, S., & Salim, A. (2021). Pendekatan multi representasi untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pemecahan masalah mahasiswa pada materi gelombang. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(2), 290–302.

Bestehorn, M. (2023). Computational physics: With worked out examples in FORTRAN® and MATLAB®. Computational Physics: With Worked Out Examples in FORTRAN® and MATLAB®, 1–396. https://doi.org/10.1515/9783110782523/EPUB

Doyan, A., Susilawati, S., & Hikmawati, H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Pada Matakuliah Fisika Kuantum Bagi Mahasiswa Calon Guru. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 278–283.

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.

Fatimah, F. (2021). PENGARUH MEDIA ANIMASI SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA. PHYDAGOGIC: Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 3(2), 53–60.

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2018). How to design and evaluate research in education (10th) ed.). McGraw-Hill.

Heryanto, S. H., Aprianti, S., Pelani, R. R., & Irvani, A. I. (2023). Penggunaan E-learning Madrasah dalam Proses Pembelajaran Fisika di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 3(1), 172–178.

Mermin, N. D. (2007). Quantum computer science: An introduction. Quantum Computer Science: An Introduction, 2147483647, 1–220. https://doi.org/10.1017/CBO9780511813870

Modir, B., Thompson, J. D., & Sayre, E. C. (2019). Framing difficulties in quantum mechanics. Physical Review Physics Education Research, 15(2), 20146.

Passante, G., & Kohnle, A. (2019). Enhancing student visual understanding of the time evolution of quantum systems. Physical Review Physics Education Research, 15(1), 10110.

Porter, C. D., & Heckler, A. F. (2020). Effectiveness of guided group work in graduate level quantum mechanics. Physical Review Physics Education Research, 16(2), 20127.

Purwaningsih, S., BERTHALITA P, F., & Lestari, N. (2022). Integrasi animasi dan simulasi dengan menggunakan Program matlab pada matakuliah fisika Kuantum.

Setiono, I. A., & Widiningtyas, A. (2021). Characteristics of Students’ Cognitive Ability on the Hyperopia Concept: Rasch Analysis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(2), 135–148.

Tu, T., Li, C.-F., Zhou, Z.-Q., & Guo, G.-C. (2020). Students’ difficulties with partial differential equations in quantum mechanics. Physical Review Physics Education Research, 16(2), 20163.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.10107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats