Game Fisika Fluidy untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, A. A., Misdalina, M., & Lefudin, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 186. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2673
Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 56-61.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Basri, S., & Akhmad, N. A. (2018). Penggunaan Metode Bermain Snakes And Ladders Pada Pembelajaran Ipa Fisika Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3), 309-323.
Dharmayanti, W., & Munadi, S. (2014). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Siswa Smp Masuk Smk Di Kota Pontianak Factors Affecting Junior High School Students’ Interest In Studying At Vocational High School In Pontianak City.
Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1191-1204
Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Indiana: Indiana University.
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Minat Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Soal Open Ended Dengan Pendekatan Ctl. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167
Husniati R, Y., Zuhdi, M., & Hairunnisyah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. 7(1).
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 184.
Ramadhani, M & Sugianto, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Model Educational Games Guna Meningkatkan Minat Belajar Melalui Rolling Box (Ro-Box) Bagi Peserta Didik Kelas X Sma N 2 Semarang. Dalam Unnes Physics Education Journal Terakreditasi Sinta (Vol. 9, Nomor 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Gp Press.
Pangesti, R. Y., & Astono, J. (2018). Development Of Learning Media Of Physicspuzzle For Increase The Mastery Of The Subject Matter And Interst In Physics Learning Of High School Students. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(4), 321-329.
Prasetio, H., Ertikanto, C., Suyatna Pendidikan Fisika Fkip Unila, A., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2015). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Rpg Maker Vx Ace Pada Materi Hukum Archimedes.
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi Simulasi Phet Dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Dalam Jpii (Vol. 2, Nomor 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii
Putra, D. W., Nugroho, A. P., Puspitarini, W., & Kunci, K. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jimp-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1).
Rozi, F., & Kristari, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 35-44.
Sari, D. K. (2020). Kepraktisan Aplikasi Fisika Isomorfis (Forfis) Berbasis Android Dalam Menunjang Pembelajaran Mandiri. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 2(1), 24-29.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sri, W., & Adiningtiyas, M. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online (The Role Of Teachers In Overcoming Addiction To Online Games). Dalam Jurnal Kopasta (Vol. 4, Nomor 1). www.journal.unrika.ac.idjurnalkopasta
Srikandi, N., Putra, I. A., & Pertiwi, N. A. S. (2020). Majalah Elektronik Materi Rambatan Kalor untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 2(1), 1-8.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Thiagarajan, S. (2004). Instructional Development for Training Teachers Of Exceptional Children. Broomington: Indiana University.
Wati, W., & Istiqomah, H. (2019). Game Edukasi Fisika Berbasis Smartphone Android Sebagai Media Pembeajaran Fisika. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 2(2), 162–167. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4341
Yusro, A. C., Purwandari, P., & Nanditasari, T. (2019). Game Mophy (Monopoly Physics) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Penguasan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 101-108.
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.10299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Haekal Alfarouqy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: diffraction.fisika@unsil.ac.id
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international