Game Fisika Fluidy untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis

Ahmad Haekal Alfarouqy, Rahmat Firman Septianto, Yuvita Oktarisa

Abstract


Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran fisika di sekolah akibat pembelajaran yang jarang menggunakan media pembelajaran dan cenderung monoton menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran yang layak, melihat respon siswa terhadap media pembelajaran yang dibuat dan mengetahui pengaruh dari media yang dikembangkan terhadap minat belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran Fluidy memperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori "sangat layak" berdasarkan validasi ahli materi dan media, lalu persentase sebesar 88% dalam kategori "sangat layak" berdasarkan hasil angket respons peserta didik. Selain itu, berdasarkan nilai standar gain sebesar 0,39 dengan kategori "sedang" membuktikan bahwa media pembelajaran Fluidy dapat meningkatkan minat siswa dalam pelajaran fisika. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Fluidy layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar fisika.

References


Agustina, A. A., Misdalina, M., & Lefudin, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 186. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2673

Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 56-61.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Basri, S., & Akhmad, N. A. (2018). Penggunaan Metode Bermain Snakes And Ladders Pada Pembelajaran Ipa Fisika Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3), 309-323.

Dharmayanti, W., & Munadi, S. (2014). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Siswa Smp Masuk Smk Di Kota Pontianak Factors Affecting Junior High School Students’ Interest In Studying At Vocational High School In Pontianak City.

Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1191-1204

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Indiana: Indiana University.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Minat Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Soal Open Ended Dengan Pendekatan Ctl. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167

Husniati R, Y., Zuhdi, M., & Hairunnisyah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. 7(1).

Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 184.

Ramadhani, M & Sugianto, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Model Educational Games Guna Meningkatkan Minat Belajar Melalui Rolling Box (Ro-Box) Bagi Peserta Didik Kelas X Sma N 2 Semarang. Dalam Unnes Physics Education Journal Terakreditasi Sinta (Vol. 9, Nomor 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Gp Press.

Pangesti, R. Y., & Astono, J. (2018). Development Of Learning Media Of Physicspuzzle For Increase The Mastery Of The Subject Matter And Interst In Physics Learning Of High School Students. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(4), 321-329.

Prasetio, H., Ertikanto, C., Suyatna Pendidikan Fisika Fkip Unila, A., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2015). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Rpg Maker Vx Ace Pada Materi Hukum Archimedes.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi Simulasi Phet Dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Dalam Jpii (Vol. 2, Nomor 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Putra, D. W., Nugroho, A. P., Puspitarini, W., & Kunci, K. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jimp-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1).

Rozi, F., & Kristari, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 35-44.

Sari, D. K. (2020). Kepraktisan Aplikasi Fisika Isomorfis (Forfis) Berbasis Android Dalam Menunjang Pembelajaran Mandiri. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 2(1), 24-29.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sri, W., & Adiningtiyas, M. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online (The Role Of Teachers In Overcoming Addiction To Online Games). Dalam Jurnal Kopasta (Vol. 4, Nomor 1). www.journal.unrika.ac.idjurnalkopasta

Srikandi, N., Putra, I. A., & Pertiwi, N. A. S. (2020). Majalah Elektronik Materi Rambatan Kalor untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 2(1), 1-8.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Thiagarajan, S. (2004). Instructional Development for Training Teachers Of Exceptional Children. Broomington: Indiana University.

Wati, W., & Istiqomah, H. (2019). Game Edukasi Fisika Berbasis Smartphone Android Sebagai Media Pembeajaran Fisika. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 2(2), 162–167. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4341

Yusro, A. C., Purwandari, P., & Nanditasari, T. (2019). Game Mophy (Monopoly Physics) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Penguasan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 101-108.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.10299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Haekal Alfarouqy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats