Pengembangan Instrumen Penilaian Tema Pemanasan Global untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik SMA

Andhiani Eka Kusumawati, Supahar Supahar, Irvany Nurita Pebriana

Abstract


Capaian pembelajaran dalam pendidikan abad 21 berfokus pada keaktifan peserta didik melalui keterampilan abad 21 seperti keterampilan proses sains dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dan mengetahui kelayakan instrumen untuk mengukur keterampilan proses sains dan kolaborasi peserta didik SMA materi pemanasan global. Penelitian menggunakan model pengembangan instrumen oleh Istiyono, namun hanya tahap perancangan instrumen dan uji coba instrumen. Subjek yang digunakan merupakan peserta didik dari beberapa sekolah sejumlah 252 peserta didik, ditentukan dengan teknik random sampling. Instrumen terdiri dari 22 butir pilihan majemuk keterampilan proses sains dan angket penilaian keterampilan kolaborasi, serta lembar validasi. Analisis data dilakukan dengan rumus indeks Aiken dan program Quest. Hasil instrumen penilaian yang dikembangkan terbukti memiliki kualitas butir penilaian yang layak dan reliabel dengan berdasarkan hasil validitas isi dengan kategori layak dan validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran butir secara empiris dalam kategori valid dan reliabel. Terdapat 21 butir soal dan 10 butir angket yang telah fit dengan model Rasch. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel untuk digunakan mengukur keterampilan proses sains dan kolaborasi peserta didik kelas X materi pemanasan global.

Keywords


Instrumen penilaian; Keterampilan proses sains; keterampilan kolaborasi; Pemanasan Global.

References


Adams, R. J., & Khoo, S.-T. (1996). Acer Quest: The interactive test analysis system. In Australian Council for Educational Research (pp. 1–104). ACER PERSS.

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings, educational and psychological measurument. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Aisah, S., & Agustini, R. R. (2024). Pengembangan Instrumen Keterampilan Proses Sains Dengan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 12(1), 275–280. https://doi.org/10.37081/ed.v12i1.5746

Arifin, Z. (2009). Menganalisis Kualitas Tes. In Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Diah Rusmala Dewi. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123

Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1991). Fundamentals of Item Response Theory. In Contemporary Sociology (Vol. 21, Issue 2). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.2307/2075521

Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern. UNY Press.

Kemendikbud. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran. Kemendikbud.

Muthmainnah, N. A., Sunarno, W., & Budiharti, R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Prezi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Kolaborasi Pada Materi Alat Optik. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 13(2), 78. https://doi.org/10.20961/jmpf.v13i2.80679

Pertiwi, B. (2017). Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Sirkulasi Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Pratiwi, P. A. D. (2022). Penggunaan Lms Sanggar Belajar Dalam Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 14(1), 87–98. https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/553

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., & Siahaan, P. (2020). Digital Literacy Test: Development of Multiple Choice Test for Preservice Physics Teachers. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(03), 7085–7095. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/7567

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri Malang (UM Press).

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia.

Wardani, D. A., Rosidin, U., & Rochmiyati. (2021). Development of Assessment Instruments in Project Based Learning to Measure Collaboration Skills and Compassion for Students in Elementary School. The International Journal of Social Sciences World, 3(1), 218–227.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Issue 13 Oktober 2018).




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i2.12473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andhiani Eka Kusumawati, Supahar Supahar, Irvany Nurita Pebriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: [email protected]

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats