Pembuatan Alat Praktikum Gerbang Logika Sebagai Media Pembelajaran Praktikum Elektronika Dasar II

Anis Fauziyah, Novia Ayu Sekar Pertiwi, Ino Angga Putra

Abstract


Media pembelajaran adalah perantara atau alat untuk membantu proses pembelajaran dan membantu memahami materi yang sulit dengan mudah. Gerbang logika merupakan materi yang dasar terdiri dari tiga komponen antara lain gerbang logika AND, OR dan NOT, dari tiga gerbang logika dasar tersebut kemudian dikembangkan menjadi gerbang logikan NAND, NOR, X-OR dan X-NOR. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa alat praktikum gerbang logika dan mengetahui kelayakan media alat praktikum gerbang logika berdasarkan validasi media dan respon pengguna terhadap alat praktikum gerbang logika sebagai media pembelajaran Praktikum Elektronika Dasar II. Metode yang digunakan adalah pengembangan research and development (R&D) menggunakan model dari Sugiyono, terdapat sepuluh tahapan dalam model ini, tetapi peneliti menggunkan tujuh tahapan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba awal, dan revisi produk. Penilaian kelayakan media dilakukan melalui pengumpulan data berupa angket validasi media dan respon pengguna. Hasil uji kelayakan pada validasi ahli media menunjukkan presentase rata-rata 96,07% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi menunjukkan presentase rata-rata 87,09% dengan kriteria sangat layak dan pada uji coba pengguna memberikan respon sangat baik dengan presentase rata-rata 85,6%. Kata kunci: Alat Praktikum, Gerbang Logika, Media Pembelajaran.  

References


Fitriawan, F., & Andriani, L. (2017). Experiential Learning Theory (Elt) Dan Implementasinya Pada Mata Pelajaran Ipa Tema Sumber Energi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 9–45.

Hariyanto. (2016). Implementasi Student Centered Learning Dalam Kegiatan Praktikum Fiska Dasar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 42–57.

Matsun, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Lanjut Pada Materi Gerbang Logika Menggunakan Adobe Flash. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1).

Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., S. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta Timur: Edu Pustaka.

Pramitasari, E., Mustaji, & Harwanto. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Gerbang Logika Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Bagi Siswa Kelas X di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 38–39.

Rahayu S., P. dan R. (2016). Implementasi Metode Experiential Learning Dalam Pengembangan Softskills Mahasiswa yang Menunjang Integrasi Teknologi, Manajemen dan Bisnis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta CV.

Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K. & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Experiental Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 315–327.

Santyasa, I. W. (2018). Student centered learning: Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika.

Septiana, S., Rizal, R., & Makiyah, Y. S. (2023). Development of Electronic Student Worksheet Using Problem-Based Learning Model with the Wizer.me Platform on Momentum and Impulse Materials. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 202–214. https://doi.org/10.26618/jpf.v11i2.10909

Suarjani, N. W. (2019). Student Centre Learning (Scl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 40.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedua). Bandung: Alfabeta CV.

Takiah, I. H. H., Lestari, W. P., Handayani, L., & Rizal, R. (2023). Development of Edmodo-Based E-learning on Newton’s Laws. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 7(2), 301–312. https://doi.org/10.24036/jep/vol7-iss2/734




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i2.12552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anis Fauziyah, Novia Ayu Sekar Pertiwi, Ino Angga Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: [email protected]

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats