Implikasi Alat Peraga Fluida Dinamis (Asas Bernoulli) Terintegrasi TPACK terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI IPA MA Al-Bairuny
Abstract
Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa sangat penting dalam proses pembelajaran dan sesuai dengan keterampilan abad 21 yaitu berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi dan kolaborasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui KPS siswa menggunakan media alat peraga fluida dinamis terintegrasi TPACK. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Al-Bairuny sejumlah 20 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampel jenuh karena jumlah sampel yang dipilih sama dengan jumlah populasi. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan one-shot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan mempertimbangkan rubrik penilaian KPS. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan persentase kategori KPS. Berdasarkan analisis data menunjukkan implikasi produk penelitian di lapangan dapat mengembangkan KPS siswa berdasarkan persentase KPS siswa dengan hasil 82.5 % dalam kategori baik. Penelitian ini memberikan implikasi dalam mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik melalui penggunaan alat peraga yang interaktif dengan mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran fisika.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apriliyanti, D. D., Haryani, S., & Widiyatmoko, A. (2015). Pengembangan Alat Peraga IPA Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Science Education Journal, 4(2), 836-.
Ashar, H., & Suklin, arwan. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Panel Surya Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Listrik Searah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1 SE-Articles), 77–82. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/14944
Arikunto, S. 2013. Validitas. Dalam Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Erniyanti, Zulkarnaen, & Supriyadi, S. (2022). Analisis Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X-9 SMA Negeri 1 Samarinda. Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman 3, 65-70.
Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., Rilastiyo Budi, D., Pendidikan Jasmani, J., & Ilmu-Ilmu Kesehatan, F. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 342–353. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1136
Fauziah, N. N., Lestari, R., Rustini, T., Arifin, M. H. (2022). Perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 6(1), 89-104.
Gusliana, G. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Pendekatan Diferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Diffraction, 5(2), 91–100. https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.8496
Islam, U., Datokarama, N., Hasanah, S. U., Rusdin, R., Ubadah, U., & Kunci, K. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5 . 0 : Sebuah Kajian Literatur. 1, 1–5.
Kaltsum, H. U. (2017). Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. The 6th University Research Colloquium (URECOL) Universitas Muhammadiyah Magelang, 6, 19–24.
Khaira, I. K., Susilawati, E., & Renaldi, R. (2021). Implementasi Rancangan Pembelajaran Berbasis Tpack Sebagai Integrasi Pembelajaran Di Era Society 5.0 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Ekonomi Kesehatan. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 111. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.28336
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303
Meileni, H., Satriadi, I., Oktapriandi, S., Apriyanty, D., Prasetya, D. H., Prasetyo, A., & Faraby, M. (2022). The Implementation of Tpack Framework Based Interactive Digital Learning for Cruise Vocational School (SMKP) Sinar Bahari Palembang. Proceedings of the 5th FIRST T1 T2 2021 International Conference (FIRST-T1-T2 2021), 9, 282–287. https://doi.org/10.2991/ahe.k.220205.049
Mubarokiyah, T. M., Aripin, H., & Rizal, R. (2024). RADEC Learning Model: Practicum to Enhance Students’ Science Process Skills on Temperature and Heat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 9(3), 415–425. https://doi.org/10.26737/jipf.v9i3.5641.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nuraina, N., Mastuang, M., & Dewantara, D. (2024). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berintegrasi Kearifan Lokal Menggunakan Kooperatif Tipe STAD untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Diffraction, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.8582
Nurdiansah, I., & Makiyah, Y. S. (2021). Efektivitas Modul Hybrid Project Based Learning (H-Pjbl) Berbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 104–110. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2750
Putra, I. A., Rahma, Y. A., Nisa, K., & Anwar, M. S. (2023). Reconstruction Of Audio-Visual Learning Media Based On TPACK (Pedagogical Content And Knowledge Technology) On Moral Theology Material. APPLICATION: Applied Science in Learning Research, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.32764/application.v3i2.4587
Putra, I. A., & Sujarwanto, E. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Bahan Ajar Multimedia Interaktif Alat. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 91–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21067/mpej.v1i2.2013
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74
Riyadi, H., Wati, M., & Annur, S. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Cahaya Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 42. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1012
Rofina, A., & Mellisa. (2022). Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis video dokumenter pada materi kultur jaringan tanaman anggrek hitam. BIOLOGY AND EDUCATION JOURNAL, 2(1), 24–33.
Rohman, D. F., Roziqin, M. K., Putra, I. A., Hidayatulloh, D., & Abdillah, A. (2024). Development of TPACK Integrated Learning Tools on Aqidah Akhlak Learning Materials for Class XII Madrasah Aliyah Students. APPLICATION: Applied Science in Learning Research, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.32764/application.v4i1.4639
Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia Di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 446–454.
Scott, W., & Yreteberg, L. (1990). Teaching English to Children. Longman.
Setyawati, E., Suratno, S., & Sofyan, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Smpn 30. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1043–1053.
Sujarwanto, E., & Putra, I. A. (2018). Investigasi Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Momentum: Physics Education Journal, 2(2), 79–85.
Suryaningsih, S., & Ainun Nisa, F. (2021). Kontribusi STEAM Project Based Learning dalam Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1097–1111. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.198
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2016). KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR UNIVERSITAS akan tumbuh selama proses memperoleh pengetahuan mengenai materi tersebut . Keterampilan-keterampilan tersebut salah satunya adalah. Jurnal Pancaran Pendidikan, 5(3), 99–110.
Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal of Elementary Education, 03(03), 3.
Wulandari, N., & Perdana, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Learning dengan Metode Praktikum Berbantuan Alat Peraga Ayunan Bandul Sederhana. Diffraction, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i1.6409
Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Pangestuti, A. A., Puspitasari, D. R., Mahfudhillah, H. T., Robitah, A., Kurniawati, Z. I., Rosyida, F., & Sholihah, M. (2017). Ilmu pengetahuan alam Kurikulum 2013 kelas VIII semester 1 (F. A. Idah (ed.); Jilid 2). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v7i1.13017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ino Angga Putra, Siti Yulia Wati, Kartika Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: diffraction.fisika@unsil.ac.id
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international