Pengembangan Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Dinamis

Franciska Ayuningsih Ratnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran problem posing berbantuan Edmodo pada materi fluida dinamis yang baik dan layak untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan pemahaman konsep melalui model pembelajaran Problem Posing berbantuan Edmodo serta buku guru dan peserta didik yang digunakan memenuhi kriteria layak, variabel yang mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Desain penelitian adalah Research and Development( R&D) model ADDIE, yang terdiri dari 5  tahap pengembangan, yaitu tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation.Penelitian dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 1 Gamping tahun ajaran 2019/2020  dengan sampel peserta didik kelas XI MIPA 1 dan 2. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi silabus, RPP, buku pedoman guru,buku pedoman peserta didik dan lembar penilaian evaluasisoal pemahaman konsep.Hasil penelitian menunjukkan produk model pembelajaran berupa buku guru dan buku peserta didik dengan model pembelajaran problem posing berbantuan Edmodo yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kategori sangat baik dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dibuktikan dengan adanya perbedaan skor posttest antara kelas eksperimen dan kontrol dengan standar gain sebesar 0,50 dan 0,20. Kemampuan pemahaman konsep pada materi fluida dinamis kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Keywords


problem possing, Edmodo, pemahaman konsep, fluida dinamis, pengajaran fisika

Full Text:

PDF

References


Alqahtani, M. & Mohammad, H. (2015). Mobile applications’ impact on student performance and satisfaction’,, The Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4),102–112.

Amelia, Lies Karyadi., Muljati, Sri., & Lamid, Astuti. (1995). Dampak kekurangan gizi terhadap kecerdasan anak sd pasca pemulihan gizi buruk, The Journal of Nutrition and Food Research, 18(2), 10 - 16.

Ghasempour, Z., M.N. Bakar, & Jahan-shahloo, G.R,. (2013). Innovation in teaching and learning through problem-posing tasks and meta-cognitive strategies. International Journal of Pedagogical Innovations 1(1): 53-62

Hunaidah, M., Armin, A., & Fayanto, S. (2018, May). Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (poe) dengan metode de-monstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa fi-sika materi pokok kalor kelas VII2 SMP Negeri 15 Kendari. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisi-ka (pp. 293-298).

Fayanto, S., Kawuri, M. Y. R. T., Ju-friansyah, A., Setiamukti, D. D., & Sulisworo, D. (2019). Imple-mentation E-learning based moodle on physics learning in senior high school. Indonesian Journal of Science and Education, 3(2), 93-102.

Fayanto, S., Musria, M., Erniwati, E., Sukariasih, L., & Hunaidah, H. (2019). Implementation of quantum teaching model on improving physics learning outcomes in the cognitive domain at junior high school. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 131-138.

Inggriyani, F., & Hamdani, A. R. (2018, December). Aplikasi edmodo se-bagai media pembelajaran e-learning. In Sepeda (Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas (Vol. 1, No. 1, pp. 222-231).

Kawuri, M. Y. R. T., Ishafit, I., & Fayanto, S. (2019). Efforts to improve the learning activity and learning outcomes of physics students with using a problem-based learning model. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 105-114.

Kidney, G., Cummings, L., & Boehm, A. (2007). Toward a quality assur-ance approach to e-learning courses. International Journal on E-learning, 6(1), 17-30.

Kawuri, M. Y. R. T., & Fayanto, S. (2020). Penerapan model discov-ery learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X MIPA SMAN 1 Piyungan Yogya-karta. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 1-8.

Lede, O., Deke, O., & Anggraeni, D. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Sumba, 1(1).

Margono. 2010. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Murniati, M., Ayub, S., & Sahidu, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran coneccting, organizing, reflecting, extending (CORE) terhadap pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 116-121.

Sukariasih, L., Ato, A. S., Fayanto, S., Nursalam, L. O., & Sahara, L. (2019, October). Application of SSCS model (Search, Solve, Create and Share) for improving learning outcomes: the subject of optic geometric. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 3, p. 032075). IOP Pub-lishing.

Dwi, S. (2013). Modification of collaborative online learning for scientific writing skills enhancement. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulisworo, D. (2014). Conceptual model identification of personal learning environment, Innovation and Development in Teaching and Learning, 37–41.

Sutilah. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada pokok bahasan fluida statis ditinjau dari motivasi berprestasi, kemampuan abstrak, dan kemampuan mekanik peserta didik kelas X MIA di SMA negeri 1 Cawas Tahun pelajaran 2015/2016. Tesis. Yogyakarta :Universitas Ahmad Dahlan

Tal, H. M., & Gross, M. (2014). Teaching sustainability via smartphone-enhanced experiential learning in a botanical garden, International Journal of Interactive Mobile Technology, 8(1), 10-15

Wulandari, G. S. (2018, April). the development of learning management system using Edmodo. In IOP Conference Series: Mate-rials Science and Engineering (Vol. 336, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i1.1665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats