Kepraktisan Aplikasi Fisika Isomorfis (Forfis) Berbasis Android dalam Menunjang Pembelajaran Mandiri

Desy Kumala Sari

Abstract


Aplikasi Fisika Isomorfis (FORFIS) merupakan aplikasi berbasis android yang dapat melatih peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah yang bersifat isomorfis. Konten aplikasi ini telah ditelaah oleh ahli dan telah dinyatakan “layakâ€. Namun, kepraktisan aplikasi FORFIS dalam pembelajaran fisika di kelas belum dilakukan pengujian. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan aplikasi FORFIS dalam pembelajaran fisika di dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui angket respon peserta didik setelah proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil persentase kemudian diinterpretasikan sesuai dengan kriteria kepraktisan. Analisis data menunjukkan rata-rata respon peserta didik sebesar 92% dengan kategori “sangat baikâ€. Hal ini berarti peserta didik sangat tertarik pada aplikasi FORFIS. Dengan demikian aplikasi FORFIS merupakan aplikasi pembelajaran mandiri yang telah layak dan praktis digunakan dalam memenuhi sumber belajar peserta didik.

Keywords


kepraktisan, aplikasi fisika isomorfis (FORFIS), android

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asmaningrum, H. P., Khoe, R. I., & Sukirno. (2018). Analisis Respon Siswa Terhadap pengembangan Buku Suplemen Kimia Berbasis Kearifan Lokal Suku Asmat Papua. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 21–26.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, A. (2018). Penetrasi & profil perilaku pengguna internet indonesia (Survei 2018).

BSNP. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad xxi. Indonesia.

Calimag, J. A. N. N. V, Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitos learning environment using android mobile application. IMPACT: International Journal of Research in Engineering & Technology, 2(2), 119–128.

Delors, J., Chairman, Mufti, I. Al, Amagi, I., Carneiro, R., Chung, F., … Nanzhao, Z. (1996). Learning: the treasure within. UNESCO PUBLISHING.

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physics Education Research, 020119(10), 1–58. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119

Gerace, W. J., & Beatty, I. D. (2005). Teaching vs . Learning : changing perspectives on problem solving in ihysics instruction. In 9th Common Conference of the Cyprus Physics Association and Greek Physics Association (pp. 1–10). Retrieved from https://journals.aps.org/prper/abstract/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119%0A%0A%0A

González, M. Ã., González, M. Ã., Martín, M. E., Llamas, C., Martínez, Ó., Vegas, J., … Hernández, C. (2015). Teaching and Learning Physics with Smartphones. Journal of Cases on Information Technology, 17(1), 31–50. https://doi.org/10.4018/JCIT.2015010103

Hanafi, H. F., & Samsudin, K. (2012). Mobile learning environment system ( MLES ): The case of Android-based learning application on undergraduates ’ learning. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 3(3), 1–5. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2012.030311

Jonassen, D. H. (2010). Research Issues in Problem Solving. In The 11th International Conference on Education Research (pp. 1–15).

Muzyanah, S., Asmaningrum, H. P., & Buyang, Y. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Kimia. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 33–45.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In J. van den Akker, R. M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds.), Design Approaches and Tools in Education and Training (p. 296). Springer-Science+Businnes MEdia, B.V. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_1

Permanasari, A. (2016). STEM education : inovasi dalam pembelajaran sains. In Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 23–34). indonesia.

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-variabel. Bandung: Alfabeth.

Sari, D. K., & Supahar. (2018). The Content Validity of Assessment Instruments to Measure Analogical-Transfer Ability. International Jorunal of Sciences: Basic and Applied Research, 39(2), 165–172.

Sari, D. K., Supahar, & Ralmugiz, U. (2018). The Influence of Android-Based Isomorphic Physics (FORFIS) Application on Analogical Transfer and Self-Diagnosis Skill of Students at SMA Negeri 3 Kupang. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 154–161. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14268




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i1.1669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats