Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Fisika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Mengejar Konten dan Keterampilan Berfikir. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.
Faizi. (2013). Penerapan Penemuan Terbimbing Dengan Teknik Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII C SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu.
Nurhadi. (2004). peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas viii A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara Semester. Yogyakarta.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Wahyuni, E. E. (2006). Model Pembelajaran Ropes Disertai Media Audiovisual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika di MAN 1 Jember. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Jember.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.
Sholikhah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa kelas VII MTs Negeri Bojonegoro II Padangan Tahun2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Univesitas Kanjuruhan Malang.
Sinaga & Simarmata. (2014). pengaruh model pembelajaran ropes (review, overview, presentation, exercise, summary) berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas x semester ii sma n 11 medan. Jurnal INPAFI. Vol. 2: 95-101.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung Alfabeta.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful, S. (2005). Metode Penelitian, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Gitanyali.
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i1.1791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 DIFFRACTION
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: diffraction.fisika@unsil.ac.id
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international