Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Fisika

Visensius Man Un, Muhammad Nur Hudha, Kurriawan Budi Pranata

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa fisika kelas VII di SMP PGRI 6 Malang dan mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran ROPES dengan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini merupakan semua siswa kelas VII SMP PGRI 6 Malang. Teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling, di peroleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Metode penelitiannya merupakan Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian pada penelitian ini mengunakan pretest - post-test control group design. Data keaktifan dikumpulkan melalui observasi dan data prestasi dikumpulkan melalui tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji anova dua jalur dengan menggunakan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keaktifan dan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran model ROPES dengan siswa yang pembelajaran model konvensional. Hal ini diperkuat oleh nilai keaktifan dan prestasi yang lebih tinggi dengan model pembelajaran ROPES dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya interaksi antara model ROPES terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat diambil simpulan bahwa model pembelajaran ROPES lebih berpengaruh terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Keywords


keaktifan belajar fisika; model pembelajaran ropes; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Mengejar Konten dan Keterampilan Berfikir. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Faizi. (2013). Penerapan Penemuan Terbimbing Dengan Teknik Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII C SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu.

Nurhadi. (2004). peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas viii A MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara Semester. Yogyakarta.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Wahyuni, E. E. (2006). Model Pembelajaran Ropes Disertai Media Audiovisual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika di MAN 1 Jember. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Jember.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Sholikhah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa kelas VII MTs Negeri Bojonegoro II Padangan Tahun2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Univesitas Kanjuruhan Malang.

Sinaga & Simarmata. (2014). pengaruh model pembelajaran ropes (review, overview, presentation, exercise, summary) berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas x semester ii sma n 11 medan. Jurnal INPAFI. Vol. 2: 95-101.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaiful, S. (2005). Metode Penelitian, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Gitanyali.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i1.1791

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh:

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id