Pengaruh Model Discovery Learning dan PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstial Jakarta: Prenamedia.
Dwyer, C. P., Hogan, M. J., & Stewart, I. (2012). An evaluation of argument mapping as a method of enhancing critical thinking performance in e-learning environments.
Eggen, P & Kauchak, D. (. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Hanafiah, N. dan C. S. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Lindawati, Fatmariyanti, S. D., & Maftukhin, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Man I Kebumen. Radiasi, 3(1), 42–45.
Luthvisari, N., N. Made D. P., dan S., & Linuwih. (2012). No Title. Journal of Innovative Science Education, JISE., Vol.1(2)
Maliawan, I. N., I. P. S. Arsa, dan K. U., & Ariawan. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (fisika terapan) pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal JPTE Universitas Pendidikan Ganesha., Vol.4(1).
Martaida, T., dkk. (2017). The Effect Of Discovery Learning Model On Student’s Critical Thinking Ang Cognitive Ability In Junior High School. IOSR-JRME,.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1308–1314.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014. (n.d.). Pembelajaran pada implementasi Kurikulum 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014. (2014). In Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. 11 Juli 2014. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 955. Jakarta.
Pradita, Y., B. Mulyani, dan T. R. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia., Vol.4(1):
Sakbana, R. S., Sunarno, W., & Budiawanti, S. (2020). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model PjBL dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Dan Kreativitas Siswa.
Sari, D. Novita, Sutikno, dan M. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Melalui Elektroskop Sederhana. Seminar Nasional Fisika (E-Jurnal), Vol.4 : 19.
Septiani, L. R. (2014). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk. Jurnal Pembelajaran Fisika., Vol. 2 (4).
Sinambela, P. N. J. M. 2013. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Generasi Kampus, (Online), 6 (2).
Widiyatmoko, A., dan S. D. P. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia., Vol.1(1)
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 DIFFRACTION
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: diffraction.fisika@unsil.ac.id
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international