Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Implementasi Media Interaktif e-book Selama Pembelajaran Daring di SMK Patriot Peterongan Jombang

suci prihatiningtyas, Dwi Nofitasari, Novia Ayu Sekar Pertiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan pembelajaran daring menggunakan e-book. Metode penelitian menggunakan pra-eksperimental.Adapun desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes pemahaman konsep sebanyak 15 soal essay. Uji normalitas (N-gain) digunakan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dari hasil pembelajaran sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan e-book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji normalitas terdapat perubahan nilai Pretest-Posttest setelah pembelajaran dengan memakai e-book sebesar 0,47 dengan kriteria sedang. Hal ini membuktikan adanya pertambahan pemahaman konsep IPA oleh siswa SMK. Secara keseluruhan, siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran daring berbantuan e-book untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

Keywords


e-book; pemahaman konsep; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional.

Gozali, F. dan Billion L. (2011). Pemanfaatan Teknologi Open Source dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi TI dalam Dunia Pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Singaraja.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Prihatiningtyas, S., & Haryono, H. E. (2020). Alat Peraga Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta didik Pada Materi Mekanika Fluida (Teaching Aids as Efforts to Increase Students' Concepts Understanding on Fluid Mechanics). SEJ (Science Education Journal), 3(2), 131-138.

Putra, K., W., B., Wirawa, I., M., dan Pradnyana, G., A. (2017). Pengembangan E-modul berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer†untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan IVX(1), Januari 2017, Hal: 40, E-ISSN: 2541- 0662.

Santosa, P., I. (2011). Model Konseptual Pemanfaatan Teori Flow dalam E-Learning. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi TI dalam Dunia Pendidikan.. Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Singaraja.

Surjono, H., D. (2009). Pengantar E-Learning dan Penyiapan Materi Pembelajaran. Yogyakarta: Pusat Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Suwarsono. (2013). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog pda Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, XXXVI (1), Februari 2013, hal 51-62.

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2018, February). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis penelitian Uji Antimikroba pada Matakuliah Mikrobiologi. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.3098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats