Media Pembelajaran Story Book Berbasis Islamic Learning Pada Materi Hukum Newton
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran Story book berbasis Islamic learning bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan desain media pembelajaran Story book berbasis Islamic learning pada Materi Hukum Newton, 2) mendeskripsikan kelayakan Story book berbasis Islamic learning pada Materi Hukum Newton. Subjek uji coba kelayakan produk akan diterapkan pada siswa kelas XI MA AL-Azhar dengan jumlah siswa 17 anak.
Penelitian media Story book ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluation). Teknik pengambilan data pada media Story book mengunakan data kuantitatif yang berupa skor validator ahli media, ahli materi, respon guru dan respon siswa untuk mengetahui kelayakan pada media pembeljaran Story book berbasis Islamic learning. Ahli media dan ahli matei dilakukan oleh dosen.
Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran Story book berbasis Islamic learning yang berupa buku dalam bentuk link dengan tampilan menggunakan flip PDF Profesional. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi produk dinyatakan sangat layak dengan skor 3,33. Sedangkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat layak dengan skor 3,36. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Story book berbasis Islamic learning dapat digunakan untuk pembelajaran kelas X IPA dalam kegiatan pembelajaran.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(1), 10–24.
Jocz, J., & Lachapelle, C. (2012). The Impact Of Engineering Is Elementary (Eie) On Students’ Conceptions Of Technology. Museum of Science.
Kompas. (2020). Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke 60 Dunia. Diakses pada tanggal 6 Maret 2020. Https://Edukasi.Kompas.Com/Read/2016/08/29/07175131/Minat.Baca.Indonesia.Ada.Di.Urutan.Ke-60.Dunia?Page=All
Latif, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Sma Pada Tema Teknologi. Jurnal Edusains Uin Syarif Hidayatullah, 7(10), 50–52.
Masruro, L., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ips Kelas Iii Sd Ypi Darussalam Cerme-Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).
Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan Media Berupa Buku Saku Fisika Smp Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123.
Nasir, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Terintegrasi Sains Islam Pada Materi Hukum Newton I, Ii, Iii Untuk Madrasah Aliyah [Disertasi]. IAIN Palangkaraya.
Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., Surahman, E., and Ridwan, I.M. (2021). Digital literacy and cognitive abilities of preservice physics
teacher in physics for school course using LMS3: How are the both correlated?. Journal of Physics Conferece Series, (2098). 1-6. doi:10.1088/1742-6596/2098/1/012011
Sari, A. K. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Dan Membaca Pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas Ii Sdn Petoran Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Sari, P., Nurtiani, A. T., & Salmina, M. (2020). Analisis Kecerdasan Spiritual Melalui Buku Cerita Bergambar Islami Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Fkip Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Suendarti, M. (2017). The Influence Of Jigsaw Learning Model On The Ability Of Resolution Natural Science Of Middle East Junior High School Students Indonesia. International Journal Of Environmental & Science Education, 12(7), 1617–1622.
DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.3182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 DIFFRACTION
Jurnal ini terindeks oleh:
Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi
Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115
email: diffraction.fisika@unsil.ac.id
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international