Perancangan Flood Warning Alarm Sederhana Dengan Indikator Ketinggian Berbasis Tenaga Panel Surya

Komalasari Komalasari, Dini Nurlaili, Maulidya Ainun Qolbi, Nurul Halimatussa'diah, Rifa'atul Maulidah

Abstract


Studi ini dilakukan untuk merancang alat pendeteksi banjir (flood warning alarm) dengan menggunakan indikator ketinggian air dan LED ragam warna di tiap ketinggian tertentu. Tujuan dari pembuatan prototipe ini adalah sebagai pendeteksi atau peringatan banjir sejak dini serta untuk mengetahui efisiensi atau kestabilan dari tenaga surya pada prototipe. Metode penilitian yang digunakan yaitu metode pengembangan ADDIE tahap analisis dan desain. Tahap analisis dengan cara studi literatur yaitu observasi mengumpulkan data atau sumber-sumber tulisan yang berkaitan dengan pendeteksi banjir (flood warning alarm), dan tahap desain yaitu dengan perancangan prototipe dan pembuatan prototipe. Prototipe alat yang dihasilkan memiliki empat indikator yang ditandai dengan LED beda warna untuk menandakan ketinggian air serta buzzer atau alarm yang aktif pada saat LED terakhir menyala. Selain itu, prototipe ini tetap dirangkai dengan baterai yang berfungsi ketika tidak terdapat cahaya matahari, alat dapat tetap bekerja. Prototipe alat pendeteksi banjir ini menggunakan prinsip kerja water level sensor, dimana ketika sensor terkena air, maka rangkaian akan menghantarkan tegangan dan menggunakan prinsip Archimedes. Tenaga dari sel surya yang mengalir pada alat ini cukup kecil sehingga nyala dari LED pada prototipe alat kurang maksimal.

Keywords


Prtotipe Alarm Banjir; Panel Surya, Sensor.

Full Text:

PDF

References


Ananda, Z. (2019). Pengembangan Prototipe Alat Pendeteksi Banjir Sederhana. 2, 7–12.

Arham, A. M., Jati, A. N., & Mulyana, A. (n.d.). Desain dan Implementasi Panel Surya Pada Sistem Pendeteksi Banjir yang Menggunakan Wireless Sensor Network.

Aryza, S., Irwanto, M., Nizam, W. K., Lubis, Z., Putri, M., Hulu, F. N., Wibowo, P., Novalianda, S., & Rahim, R. (2018). An Effect Sensitivity Harmonics of Rotor Induction Motors Based On Fuzzy Logic. 7, 418–420.

Pratmanto, D. (2017). Alat Pendeteksi Banjir Dan Peringatan Dini Berbasis Sms Gateway Mikroko ntroler. 3(1), 62–65.

Purwoto, B. H. (2018). Efisiensi Penggunaan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(01), 10–14. https://doi.org/10.23917/emitor.v18i01.6251

Ramdan, D., Kayu, S., Abah, A., & Achadiat, D. (2014). AR-banjir-2013.

Rif’an, M., Pramono, S. H., Shidiq, M., Yuwono, R., Suyono, H., & Suhartati, F. (2012). Optimasi Pemanfaatan Energi Listrik Tenaga Matahari Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Jurnal EECCIS, 6(1), 44–48.

Samosir, E., Aryza, S., Syahputra, M. R., & Anisah, S. (2020). IMPLEMENTASI SMART DETECTION BANJIR DI DESA BONDAR ROKAN HULU BERBASISKAN. 420–427.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Tarigan, J., & Betan, A. D. (2019). Sistem Perancangan Pendeteksi Banjir Secara Dini. Jurnal Teknik Mesin, 2(2), 63–67.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.3809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats