Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru

Nurul Chandra Amelia, Zulhelmi Zulhelmi, Dina Syaflita, Yenni Siswanti

Abstract


Kondisi rendahnya motivasi dalam belajar pada masa pandemi Covid-19 ini berimbas pada penurunan hasil belajar Peserta didik yang disebabkan oleh menurunnya motivasi belajar peserta didik. Pemilihan model pembeajaran yang tepat dan juga penggunaan media interaktif dalam belajar diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran poe berbantukan game edukasi berbasis aplikasi educandy pada materi suhu dan kalor di SMPN 25 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekata kuantitatif jenis deskriptif dengan sampel adalah kelas VII.1 TP.2021/2022 SMPN 25 Pekanbaru.Berdasarkan analisis data angket, tingkat motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran poe berbantukan game edukasi berbasis aplikasi educandy pada materi suhu dan kalor di SMPN 25 Pekanbaru berada pada kategori baik.


Keywords


Motivasi belajar; pandemi; model POE; Educandy

Full Text:

PDF

References


Afrokhah, Fiza (2012) Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Cycle 5-E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) pada pokok bahasan himpunan kelas VII semester genap MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2011/ 2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo

Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 348252.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.

Djaali dan Pudji Muljono, 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan,Jakarta: Grasindo

Fitriati, Ita, Ramdani Purnamasari, Nur Fitrianingsih, Ika Irawati. 2021. Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi dan Motivasi Belajar Mahapeserta didik Bima. Prosiding seminar nasional penelitian dan pegabdian 2021(hlm 307-308). Bima : STKIP Taman Peserta didik Bima.

Kumala, Dina Erawati. 2019. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Melalui Model Student Teams-achievment Divisions (STAD) pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Salatiga

Muna, Izza Aliyatul.2017. Model Pembelajaran POE (predict-observe-explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses IPA. El-wasathiya: Jurnal Studi Agama, Vol 5 No.1, 73-91.

Nahdi, Dede Salim, Devi Afriyuni Yonanda, Nurul Fauziah Agustin. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik Melalui Penerapan Metode Demonstasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 4 No. 2, 9-12.

Nasrah, N., & Muafiah, A. M. A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 207-213.

Pongkendek, J. J., Marpaung, D. N., & Siregar, L. F. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Musamus Journal of Science Education, 2(1), 31-38.

Ulfah, Qurnia Ni’matul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-MIA 4 SMA N 6 Malang dalam Materi Fisika Kalor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Malang.

Ulya, Maziyatul. 2021. Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 10 No. 1,55-63.

Widiastuti, Ratna, Ika Candra Sayekti, Rita Eryani. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basiedu. Vol. 4 No. 4 : 2082-2089.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats