Authentic Learning dan Berpikir Kreatif pada Calon Guru Fisika

Eko Sujarwanto, Irwan Muhammad Ridwan

Abstract


Pembelajaran autentik dan kontekstual merupakan hal penting untuk menciptakan pembelajaran bermakna dan merangsang berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang Authentic Learning dengan pendekatan kolaboratif. Selain itu, paparan juga mengaitkan authentic learning dengan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah kajian pustaka. Fokus kajian pada Authentic Learning, pendekatan kolaboratif, dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Hasil kajian menunjukkan Authentic Learning dengan pendekatan Kolaboratif sesuai dengan karakter Pembelajaran Fisika dan juga hakikat Fisika. Dengan kolaborasi, peserta didik memiliki pengalaman bagaimana bekerja dalam sebuah kelompok. Keterampilan berpikir tingkat tinggi, termasuk kemampuan berpikir kreatif, dapat dilatih dalam kolaborasi saat memecahkan permasalahan authentic. Dengan menggunakan Authentic learning dengan pendekatan kolaboratif, Calon Guru Fisika diharapkan dapat membelajarkan konsep fisika secara kreatif, kontekstual, dan nyata.

Keywords


Authentic learning; berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Laal, M. & Laal, M. Collaborative learning: what is it?. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31 (hlm. 491-495). (Online), (http://ac.els-cdn.com/S1877042811030217/1-s2.0-S1877042811030217-main.pdf?_tid=7661eb82cff7d763276f55468c14f9b5&acdnat=1337763206_d22d7ffffef9d61fc68ea844e20a58aa)

Lombardi, M.M. 2007a. Authentic Learning for the 21st Century: An Overview. Educause Learing Initiative, 1. (Online), (http://www.educause.edu/ir/library/pdf/ELI3009.pdf) diakses 20 September 2011.

Lombardi, M.M. 2007b. Approaches That Work: How Authentic Learning Is Transforming Higher Education. Educause Learning Initiative, 3. (Online), (http://www.educause.edu/ir/library/pdf/ELI3013.pdf), diakses 20 September 2011.

Marzano, R.J., Brandt, R S., Carolyn, S.H., Jones, F.B., Presseisen, B.Z., Rankin, S.C., Suhor C. 1988. Dimension of Thinking: A framework for Curriculum and Instruction. Alexandria: ASCD.

Mims, C. 2003. Authentic Learning: A Practical Introduction & Guide For Implementation. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 6 (1). (Online), (http://www.ncsu.edu/meridian/win2003/authentic_learning/index.html), diakses 24 November 2011.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Pengembangan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2008. Kurikulum Yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pannen, P. 2001. Konstruktivis Dalam Pembelajaran. Jakarta:Pusat Universitas-Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional. Universitas Terbuka.

Perkins, D.N.1985. What Creative Thinkng Is dalam dalam Arthur L. Costa (Ed), Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking (hlm.58-61). Alexandria: ASCD.

Presseisen, B. Z.1985. Thinking Skills: Meanings and Models dalam

Arthur L. Costa (Ed), Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking (hlm.43-48). Alexandria: ASCD.

Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Smith dan MacGregor.1992.What is Collaborative Learning?. Pennsylvania State University. National Center on Postsecondary Teaching, Learning, and Assessment

TWT: Authentic Learning Approaches. (Online), (http://www.ndtwt.org/Blackboard/P2SST2/authenticlearning.htm)

Yuliati, L. 2008. Model-model Pembelajaran Fisika: Teori dan Praktek. Malang: Lembaga Pengembangan dan Pembelajaran UM.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats