Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana

Resti Ardianti, Eko Sujarwanto, Endang Surahman

Abstract


Problem-based learning (PBL) merupakan model pembelajaran berpusat pada peserta didik yang telah banyak dikenal. Meskipun telah banyak dikenal, guru dan calon guru perlu mengetahui landasan teori PBL, karakteristik PBL, dan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum dan saat melaksanaan model PBL. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan landasan teori Problem-Based Learning, karakter model Problem-Based Learning, dan pelaksanaan model Problem-Based Learning. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah kajian pustaka. Fokus kajian pada landasan teori Problem-Based Learning, karakter model Problem-Based Learning, dan pelaksanaan model Problem-Based Learning. Hasil kajian menunjukkan bahwa selain teori konstruktivisme, landasan teori bagi PBL adalah Teori Perkembangan Kognitif Piaget, Teori Dewey, Teori Bruner tentang Discovery Learningi. Sebelum melaksanakan PBL, guru perlu melatih peserta didik untuk belajar secara kooperatif.

Keywords


Landasan teori Problem-based learning; Karakter Problem-based Learning; Pelaksanaan Problem-Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to teach ninth edition (9th ed.). New Britain, USA: Library of Congress Cataloging.

Chotimah, C. & Muhammad F. (2018). Paradigma baru sistem pembelajaran dari: Teori, Metode, Model, Media, hingga Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.

Ilmiah. (2016). Perbandingan model pembelajaran discovery learning (Dl) dan: Problem Based Learning (Pbl) berbasis assesment for learning (Afl) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP al mazaakhirah baramuli kab. pinrang. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah & Keguruan, UIN Alauddin, Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6147/1/SKRIPSI%20ILMIAH.pdf

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9, 28-34. doi: 10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kurniawan, M. W. & Wuri W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ppkn. Jurnal Civics, 14, 10-22. doi: https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Lidinillah, D. A. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 1, 1-8. http://file.upi.edu/Direktori/KD-TASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_(KD-TASIKMALAYA)-197901132005011003/132313548%20-%20dindin%20abdul%20muiz%20lidinillah/Problem%20Based%20Learning.pdf

Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.

Zhiyu, Li. (2012). Study on the cultivation of college students’ science and technology innovative ability in electrotechnics teaching based on PBL mode. SciVerse ScienceDirect, 2, 287 – 292. doi: 10.1016/j.ieri.2012.06.090




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIFFRACTION



Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats